SMA Negeri 1 Bekasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Bekasi
Logo SMA Negeri 1 Bekasi
Informasi
Jenis Negeri
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. Mawar, M.Pd
Jumlah kelas 10 (kelas X) 8 IPA (kelas XI) 1 IPS (Kelas XI) 7 IPA (Kelas XII) 2 IPS (Kelas XII) 2 Aksel
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS, Aksel C.I
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah siswa ± 33-35 (Kelas SBI), 24 (Kelas Aksel)
Status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Nilai masuk terendah 8.477 (2013)
Nilai masuk tertinggi 9.507 (2013)
Nilai masuk rata-rata 8.858 (2013)
Alamat
Lokasi Jalan K.H. Agus Salim No. 181, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Telp./Faks. 021 8802538
Situs web [3]

SMA Negeri 1 Bekasi adalah Sekolah Menengah Atas Negeri DI Bekasi, Jawa Barat, dengan alamat di Jalan K.H. Agus Salim No. 181, Bekasi Timur. Saat ini, SMA Negeri 1 Bekasi sudah berstatus "Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (dari Angkatan 2008/2009 dan 2009/2010)" dan sudah distandarisasi ISO 9001:2000.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Bekasi merupakan SMA Negeri pertama yang ada di Bekasi dan diresmikan pada tahun 1963. Dahulu alamatnya berada di Jl. KH Agus Salim no 77. Namun telah berganti menjadi Jl. KH Agus Salim no 181. Sampai tahun 2010, sekitar 45 angkatan alumni telah berhasil lulus dengan jumlah alumninya yang begitu besar. SMA Negeri 1 Bekasi telah mencetak alumni-alumni yang berhasil bersaing di universitas-universitas ternama .

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Bekasi memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang saat ini diterapkan di Indonesia.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Acara Tahunan[sunting | sunting sumber]

Cyber Competition 
Merupakan suatu perlombaan tahunan di bidang teknologi, dimana disana terdapat lomba cepat tepat (LCT), lomba indie movie (Cyber Movie Competition), lomba fotografi (Cybertography Competition), dan lomba design poster (Cyber Design Competition) yang diselengarakan oleh Cyber Community SMA Negeri 1 Bekasi dengan tingkat Jabodetabek. Lomba ini telah berlangsung selama 3 periode, dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011 .
Hut Chadika 
Merupakan lomba yang diselengarakan oleh Pramuka pangkalan SMA Negeri 1 Bekasi dengan tingkat Jawa Barat , DKI Jakarta, dan Banten. Lomba ini telah diselenggarakan sejak 1996 .
Baby Dunant Competition 
Event yang diselenggarakan oleh ekskul PMR ini merupakan lomba PMR dengan tingkat Jabodetabek baik wira maupun madya. adapun lomba yang akan diadakan adalah: LCT(lomba cepat tepat), LGJ(lomba gerak jalan), dan LTTM(Lomba tandu tutup mata)
INOBU (Ichi No Gakkuen Bunkasai) 
Merupakan sebuah festival budaya Jepang tahunan yang diselenggarakan oleh ekskul Nihon Club yang terdapat di dalamnya Obake (Rumah Hantu), makanan khas Jepang, dan beberapa performance seperti Band Performance, Bon Odori, Taiko, dll. Terdapat juga beberapa kompetisi seperti Doujinshi, Cosplay, Lomba Kana, Cosplay Cabaret, dll.
BOB (Best Of The Best) 
Merupakan kegiatan penyaringan siswa berbakat dalam bidang Matematika,Biologi,Kimia,Fisika,Astronomi,Ekonomi,Geosains, dan TIK untuk Olimpiade. Kegiatan ini di motori oleh ekskul KISMA.
ANDALUSIA 
Merupakan acara pensi yang bernuansa Islam yang hanya dimiliki SMA Negeri 1 Bekasi. Terdapat berbagai macam lomba yaitu Kaligrafi,LCT,membuat miniatur masjid dll. Acara ini di ikuti siswa/i SMA dan SMP dari berbagai sekolah . Di bawah naungan Ekskul IRMAN.
Green Competition 
Ajang kompetisi dimana setiap sekolah mengirim siswa-siswinya berlaga dalam kompetisi lomba lingkungan, diselenggarakan oleh OSIS Sekbid 2. SMA Negeri 1 Bekasi merupakan SMA pertama yang mengadakan lomba tentang lingkungan SMA .
HAMKA (Pelatihan Menulis KANSAS) 
Merupakan acara tahunan yang diadakan oleh ekstrakulikuler KANSAS (Kantin Sastra) dalam bidang sastra Indonesia dengan mengundang penulis sastra seperti Raditya Dika serta mengadakan lomba menulis cerita pendek, musikalisasi puisi dan stand up comedy untuk tingkat SMP dan SMA .

Alumnus ternama[sunting | sunting sumber]


Alumni di Perusahaan Fortune 500

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Profil.Merdeka.com
  2. ^ Volimania.org, Muhammad Riviansyah
  3. ^ kontestan indonesian idol[1]
  4. ^ annida online, [2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]