Rusa alfredi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rusa alfredi (Cervus alfredi)

Rusa alfredi (Cervus alfredi) adalah sejenis rusa yang berasal dari Filipina, khususnya dari kepulauan Visayan. Namanya berasal dari Pangeran Alfred dari Kerajaan Inggris yang mengirimkan penemuan pertama dari hewan ini ke ilmuwan Philip Sclater di sekitar tahun 1870. Hewan ini biasa juda disebut rusa Visayan ataupun rusa Filipina. Rusa ini mempunyai ketinggian 120-130 cm dan mempunyai berat 40-60 kg. Ketinggian sampai bahu kira-kira 60-80 cm. Ekornya berukuran 8-13 cm. Rusa Alfred mirip dengan rusa Sambar. Ciri khas yang menonjol dari rusa alfredi adalah mempunyai banayak bintik yang besar yang bersebaran di bagina samping tubuhnya yang berwarna coklat tua (lihat gambar). Bagian bawah tubuhnya mempunyai warna yang lebih terang/muda dari bagina samping. Matanya juga dikelilingi oleh warna yang agak terang. Ekornya relatif agak pendek dan berwarna putih dibagian bawah. Jenis jantan mempunyai tanduk sepanjang kurang lebih 20 cm.

Ditemukan di pulau Panay, Cebu, Guimaras, Masbate dan Negros yang merupakan bagin dari kepulauan Visayan. Sebelumnya, mempunyai habitat yang lebih luas di kepulauan ini. Akibat perburuan, di banyak pulau menjadi punah dan pada saait ini hanya tinggal di beberapa pulau yang disebut di atas. Binatang ini dikategorikan binatang langka karena jumlahnya yang semakin sedikit.

Rusa alfredi mencari makan di waktu malam. Jenis makanannya adalah rumput muda, daun dan kuncup muda. Bisa hidup sampai 15 tahun. Rusa alfred mengandung anaknya dalam waktu 8 bulan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

[1] Rusa Alfredi -Bahasa Inggris