Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan
Universitas Jenderal Soedirman
Geografi
LokasiPurwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Organisasi
PendanaanRumah sakit pendidikan
JenisRumah sakit khusus gigi dan mulut
PatronIrfan Dwiandhono, Sp.KG., M.Biomed.
JaringanAsosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (ARSPTN)
Pelayanan
Standar pelayanan
          • (tingkat paripurna) [1]
Sejarah
Dibuka3 September 2012


Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman atau RSGMP Unsoed adalah rumah sakit universitas tipe B yang berada di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Rumah sakit ini dibangun sejak tahun 2011 dan direncanakan selesai selama 100 hari masa pembangunan. RSGMP Unsoed resmi beroperasi pada tanggal 3 September 2012 dan diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih.[2] Rumah sakit ini memiliki spesialisasi pada kedokteran gigi dan mulut (oral and dental medicine) dan menjadi salah satu lokasi pembelajaran bagi mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman.

RS Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman memegang predikat sebagai rumah sakit gigi dan mulut pendidikan universitas pertama di Provinsi Jawa Tengah, karena pada masanya dari 26 universitas di Indonesia, hanya ada 14 universitas yang memiliki rumah sakit sendiri, dan menjadikan RS Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed sebagai salah satu rumah sakit rujukan dalam pengobatan medis terkait di wilayah Jawa Tengah.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak resmi dioperasikan pada tanggal 3 September 2012, RS Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed membuka beberapa pelayanan dasar kedokteran, di antaranya adalah Instalasi Klinik Integrasi, Instalasi Klinik Pelayanan Umum, dan IGD yang belum beroperasional selama 24 jam.[4] Oleh karena demikian, pendidikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsoed sebagian dialihkan ke rumah sakit yang sudah ada dengan fasilitas yang menunjang. Barulah dalam perkembangannya, Unit Gawat Darurat RSGMP Unsoed sudah beroperasi selama 24 jam penuh, ditambah dengan adanya Instalasi Farmasi, Radiologi, dan peningkatan sumber daya manusia rumah sakit.[4]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

RS Gigi dan Mulut Pendidikan Unsoed bertempat di Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi, Kampus Karangwangkal Sayap Barat, Universitas Jenderal Soedirman, berdekatan dengan Jurusan Kedokteran Gigi dan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman, di Jalan Dr. Soeparno, Karangwangkal, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.instagram.com/p/ClTImbhvb3w/?hl=en, diakses tanggal 20 Januari 2023
  2. ^ "Manajemen Rumah Sakit PKMK FK UGM". Manajemen Rumah Sakit PKMK FK UGM (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-20. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber (2011-10-03). "Unsoed Bangun RS Gigi dan Mulut Pertama di Jateng". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-01-20. 
  4. ^ a b "Sejarah". rsgmp.unsoed.ac.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-20.