Rubah merah ezo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rubah merah Ezo (Vulpes vulpes schrencki) adalah merupakan sub-spesies rubah merah yang berasal dari area Hokkaido, Sakhalin, Kepulauan Kuril, dan pulau-pulau sekitarnya di Jepang. Ia punya nama Jepang rubah merah Ezo, Kitakitsune (北狐), yang diberikan ke sub-spesiesnya oleh Kyukichi Kishida ketika dia mempelajarinya mereka di Sakhalin pada tahun 1924.[1][2]

Rubah merah Ezo
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
V. vulpes
Subspesies:
V. v. schrencki
Nama binomial
Vulpes vulpes schrencki
(Kishida, 1924)

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Rubah merah Ezo atau Rubah merah Hokkaido, ia memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan rubah merah di pulau-pulau Jepang lainnya. Rubah ini membuat sarang dengan menggali terowongan dalam tanah. Rubah betina biasanya melahirkan pada awal musim semi, dan anak mereka akan lepas dari induknya pada musim gugur, Sementara, rubah jantan hidup secara independen dan sama sekali tidak mengurus anak-anak mereka.

Rubah merah Ezo tersebar luas dari padang rumput hingga pengunungan alpine di Hokkaido. Mereka memakan terutama tikus, kelinci gunung, burung, dan juga serangga. Mereka juga makan buah dan kacang-kacangan pada musim gugur. Di tempat-tempat wisata dan di beberapa daerah perkotaan biasanya makan individu di jalanan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rubah (kitsune) memang memiliki sejarah panjang dengan Jepang. Mereka dianggap sebagai binatang mistis dan sering muncul di cerita-cerita rakyat. Rubah digambarkan sebagai yokai yang cerdas dan dapat berubah wujud menjadi manusia.

Di Jepang sendiri, kitsune adalah pembawa pesan dari Inari, dewa kesuburan dan pertanian. Jadi tidak aneh jika Anda berkunjung ke Kuil Inari dan menemukan patung hewan di sana. Kuil Inari yang paling terkenal adalah Fushimi Inari-taisha di Kyoto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kadosaki, Masaaki (20 Oct 2009). Wildlife Survey Trace Study Manual (dalam bahasa Jepang). Hokkaido Publishing Planning Centre. hlm. 397. ISBN 978-4832809147. 
  2. ^ Kadosaki, Masaaki (20 Oct 2009). Wildlife Survey Trace Study Manual (dalam bahasa Jepang). Hokkaido Publishing Planning Centre. hlm. 361. ISBN 978-4832809147.