Roy O. Disney

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Roy O. Disney
Roy Disney tahun 1965
Lahir Roy Oliver Disney
24 Juni 1893
Chicago, Illinois, U.S.
Meninggal 20 Desember 1971 (umur 78)
Burbank, California, U.S.
Sebab meninggal kejang
Tempat peristirahatan Forest Lawn Memorial Park, Glendale, California, Amerika Serikat
Pekerjaan Industri hiburan eksekutif
Tahun aktif 1923–1971
Partai politik Republik
Agama Kristen (Kongregasionalis)
Pasangan Edna Francis (1925–1971; kematiannya)
Anak Roy E. Disney (1930-2009)
Orang tua Elias Disney (ayah)
Flora Call Disney (ibu)
Kerabat Herbert Arthur Disney (saudara)
Raymond Arnold Disney (saudara)
Walt Disney (saudara)
Ruth Flora Disney (saudara)

Roy Oliver Disney (lahir di Chicago, Illinois, U.S., 24 Juni 1893 – meninggal di Burbank, California, U.S., 20 Desember 1971 pada umur 78 tahun) adalah seorang pengusaha Amerika, yang ikut mendirikan apa yang sekarang The Walt Disney Company , bersama dengan adiknya Walt Disney.

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Roy lahir Irlandia-Kanada Elias Disney dan Inggris-Jerman-Amerika Flora Call Disney di Chicago, Illinois. Roy bertugas di Angkatan Laut AS dari 1917-1919, setahun kemudian saudaranya Walt mencoba bergabung dengan Angkatan Darat AS, hanya ditolak karena berada di bawah umur. Roy kemudian diberhentikan dari tugas militer setelah mengalami cedera, dan menjadi bankir di Los Angeles. Pada tahun 1923, Walt pindah ke Hollywood, bergabung Roy, bersama-sama mendirikan Studio Disney Bros. Roy dan Walt memerintahkan dan dibangun Rumah kit dari Rumah Cut Pacific Ready (Los Angeles perusahaan) dan pada tahun 1928, mereka membangun rumah mereka side by side pada Lyric Avenue. Rumah mereka yang sedikit disesuaikan dan diperbesar, dan tidak sama persis dengan rumah asli ditampilkan dalam katalog Tjoet Rumah Siap Pasifik.

Walt Disney Productions[sunting | sunting sumber]

Sementara Walt adalah orang kreatif, Roy-lah yang memastikan perusahaan itu finansial stabil, Roy dan Walt baik dan mendirikan Disney Studios sebagai saudara, tapi Walt akan membeli sebagian saham Roy pada tahun 1929, seperti Max dan Dave Fleischer dari saingan Studio Fleischer, Roy bukanlah co-produser.

Roy menjadi pertama perusahaan Pejabat Eksekutif tertinggi pada tahun 1929, meskipun judul resmi tidak diberikan sampai 1968. Dia juga berbagi peran Ketua Dewan dengan Walt dari tahun 1945. Walt Namun menjatuhkan judul Ketua pada tahun 1960 sehingga ia bisa lebih fokus pada aspek-aspek kreatif perusahaan. Setelah kematian Walt Disney pada tahun 1966, Roy menunda pensiun untuk mengawasi pembangunan apa yang kemudian dikenal sebagai Disney World, dan kemudian mengganti namanya menjadi Dunia Disney sebagai penghormatan kepada saudaranya. Roy menjadi presiden Walt Disney Productions pada tanggal 15 Desember 1966, dan tetap demikian sampai 1968.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Roy menikah dengan Edna Francis dari April 1925 sampai kematiannya, anak tunggal mereka Roy E. Disney, lahir pada tanggal 10 Januari 1930. Sepanjang hidupnya, Roy menolak publisitas dan ketenaran yang datang dengan menjadi saudara Walt. Dia sangat pemalu kamera, dan individu yang pasif sehingga foto beberapa publik yang ada.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah Walt Disney World dibuka pada bulan Oktober 1971, Roy Disney akhirnya pensiun. Pada awal Desember tahun itu, ia mengeluh dari "tempat" di atas salah satu matanya dan dijadwalkan untuk mengunjungi dokter mata nya untuk resep kacamata baru. Dia ditemukan dalam kondisi linglung, runtuh, di samping tempat tidurnya oleh anggota keluarga, ia meninggal karena kejang. Pemakaman-Nya terletak di Forest Lawn - Hollywood Hills Cemetery.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Sebuah patung Roy O. Disney duduk di bangku taman di samping Mini Tikus terletak di bagian Town Square dari Main Street, Amerika Serikat, pada Kerajaan Sihir taman di Florida. Sebuah duplikat terletak di luar Tim Disney bangunan di kantor pusat perusahaan Disney di Burbank, California. Ada sebuah patung ketiga di Disneyland Tokyo taman. Roy O. Disney adalah ayah dari Roy E. Disney, yang meninggal pada tanggal 16 Desember 2009. Ada Roy O. Disney Suite di lantai atas Hong Kong Disneyland Hotel. Suite adalah salah satu dari dua suite terbesar dari hotel.

Further reading[sunting | sunting sumber]

External links[sunting | sunting sumber]