Rosala dari Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rosala dari Italia
Susanna of Italy.jpg
Comtesse Flandria
Memerintah 968–987
Comtesse Flandria
Memerintah 987-skt.995
atas nama Baudouin IV, Comte Flandria
Permaisuri rekan-pemimpin Perancis
Memerintah 988-996
Permaisuri Perancis
Memerintah 996
Pasangan Arnoul II, Comte Flandria
Robert II dari Perancis
Anak
Baudouin IV, Comte Flandria
Matilda
Wangsa Wangsa Ivrea
Wangsa Flandria oleh pernikahan
Dinasti Kapetia oleh pernikahan
Ayah Berengario II dari Italia
Ibu Willa III dari Arles
Lahir kr.  950-60
Meninggal 1003
Ghent

Rosala dari Italia (juga dikenal sebagai Rosala dari Lombardia, Rosala dari Ivrea atau Susanna dari Ivrea; skt. 950–960 –1003). Melalui pernikahan pertamanya, ia adalah Comtesse Flandria; melalui pernikahan keduanya, ia adalah Permaisuri Perancis (suku Franka). Ia adalah keturunan Charlemagne baik melalui Lothaire II dari Lorraine and Gisela.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Rosala (Susanna), yang dilahirkan pada sekitar tahun 950–960, merupakan putri Raja Berengario dari Ivrea, Raja Italia (skt. 900 – 966).[1] Ibundanya adalah Willa III dari Arles, putri Bosone dari Toskana dan istrinya Willa.[2] Pada tahun 968 ia menikah dengan Comte Arnoul II, Comte Flandria (wafat 987).[1] Setelah kematian suaminya, ia bertindak sebagai wali untuk putranya yang masih dibawah umur.

Pada sekitar tanggal 1 April 988 ia menikah untuk yang kedua kalinya dengan Robert yang Saleh yang jauh lebih muda darinya (972-1031), Rex Filius dari Perancis; pernikahan itu diatur oleh ayahandanya, Raja Hugues Capet dari Perancis.[3] Menurut sebuah catatan yang diragukan ia membawa suaminya Montreuil dan Ponthieu sebagai mas kawin. Setelah menikah, ia mengambil nama Susannah, dan merupakan permaisuri wakil-pemimpin raja Robert, dibawah Raja Hugues senior. Dari tahun 991/992 pasangan tersebut tinggal terpisah karena Rosala terlalu tua (skt. 38) untuk memiliki anak lagi dan mereka kehilangan keharmonisan keluarga.

Namun ketika ayah iparnya meninggal pada tahun 996, Robert menceraikannya dengan talak, dan berhasrat untuk menikahi Berthe dari Bourgogne untuk menggantikan posisinya.[4] Pernikahan tersebut tidak sah karena hubungan darah yang terlalu dekat jadi Robert menikah untuk yang ketiga kalinya pada tahun 1003 dengan Constance dari Arles yang memberinya tujuh orang anak.

Rosala kembali ke Flandria, dimana ia meninggal dan dimakamkan. Robert mengambil alih mas kawinnya, atau hak-hak atas wilayah tersebut.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Rosala pertama-tama (968–987) menikah dengan Arnoul II, Comte Flandria. Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Pernikahan kedua (988-996) dengan Robert II dari Perancis tidak memiliki keturunan.



Silsilah[sunting | sunting sumber]