Romeo (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Romeo (grup band))
Romeo
AsalIndonesia
GenrePop
Tahun aktif1997-2007
LabelAquarius Musikindo
Mantan anggota

Romeo adalah grup musik asal Indonesia yang terbentuk pada tahun 1997. Mereka terkenal berkat tembang hits "Bunga Terakhir" & "Kenanglah". Lagu-lagu Romeo banyak diciptakan oleh sang vokalis Bebi Romeo yang di dominasi chord-chord voiching & diminished chord.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awalnya Bimo Sulaksono (mantan personel Netral, Ahmad Band & Dewa 19), Bebi Romeo (mantan personel Bima) dan Ade Abdi, seorang gitaris yang kebetulan memiliki fasilitas studio rekaman bertemu pada tahun 1997. Waktu itu, mereka hanya melakukan jamming secara iseng-iseng mengisi waktu luang mereka karena saat waktu itu mereka masih eksis di band masing-masing. Setelah berpisah dari grup band masing-masing, mereka bertemu 2 tahun kemudian. Mereka membentuk grup band yang diberi nama Romeo, dengan merekrut Yudha Prasetyo sebagai gitaris. Yudha merupakan teman seangkatan Bebi dari grup musik Bebi sebelumnya, Bima.

Ciri khas musik Romeo adalah adanya pengaruh besar dari musik evergreen yang sering diusung oleh penyanyi macam Andy William, Frank Sinatra, The Carpenter hingga Barry Manilow. Untuk mempertegas kesan tersebut, aransemen musiknya lalu diramu dengan sentuhan sound oldies yang juga menggunakan unsur string section.

"Bunga Terakhir" adalah lagu yang berhasil melejitkan nama Romeo. Berkat lagu ini pula, pihak label Aquarius Musikindo membuatkan sebuah album penuh. Tak hanya karena lirik dan musik, vokal Bebi yang terdengar sangat ngebass disambut hangat oleh anak muda dan remaja kala itu.

Sayangnya lagu "Bunga Terakhir" yang melejitkan nama mereka justru menjadi bumerang bagi mereka. Tahun 2002, Romeo merilis album berikutnya dalam bayang-bayang kehebatan "Bunga Terakhir". Album bertajuk Wanita ini terbilang gagal di pasaran. Dengan mengusung single pertama "Kenanglah" dan disusul tembang "Wanita" yang menjadi jagoan berikutnya, tetap tak mampu menandingi kesuksesan "Bunga Terakhir".[1] Dalam album ini, Bebi dan Bimo menggandeng Denny Chasmala pada gitar dan dibantu oleh backing vokal dari Dessy Fitri & Bonita.[2]

Hampir 4 tahun, Romeo yang menyisakan Bebi dan Bimo berhenti berkarya. Mereka berdua kembali bertemu ketika syuting video klip Dewa 19 - "Sedang Ingin Bercinta". Mereka pun sepakat untuk menghidupkan kembali Romeo dengan merekrut Willy (gitar) dan Epoy (bass). Bulan November 2006, Romeo meluncurkan album bertitel Lelaki Untukmu.[3]

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

  • Bebi Romeo - vokalis
  • Bimo Sulaksono - drumer
  • Willy - gitaris
  • Epoy - bassis
  • Yudha Prasetyo - gitaris
  • Denny Chasmala - gitaris

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2000 Anugerah Musik Indonesia Pendatang Baru Terbaik-Terbaik "Bunga Terakhir" Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Album Wanita Romeo Sensasi dan Beban Bebi, diakses 29 Desember 2007
  2. ^ Romeo, Cinta yang Tak Selalu Happy Ending Diarsipkan 2020-11-09 di Wayback Machine., diakses 29 Desember 2007
  3. ^ Romeo Jadi Lebih Muda, diakses 29 Desember 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]