Robert John Lechmere Guppy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Robert John Lechmere Guppy (lahir 15 Agustus 1836 – meninggal 5 Agustus 1916 pada umur 79 tahun) adalah ahli sejarah alam kelahiran London, Inggris yang namanya dipakai sebagai nama ikan Gupi (Guppy).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir sebagai empat bersaudara dari ibu bernama Amelia Parkinson dan ayah bernama Robert Guppy. Ayahnya bekerja sebagai pengacara, sedangkan ibunya seorang pelukis sekaligus salah seorang perintis fotografi. "Lechmere" begitu nama panggilannya sewaktu kecil, dibesarkan kakek dan neneknya yang bernama Richard Parkinson dan Lucy Lechmere di Kastil Kinnersley. Kastil ini merupakan bangunan peninggalan abad ke-13 yang terletak di Hereford, Inggris barat.

Di usia 18 tahun, Lechmere berangkat berlayar tapi pada tahun 1856 kapalnya karam di lepas pantai Selandia Baru. Setelah 2 tahun tinggal bersama Suku Maori dan membuat peta wilayah di sana, Lechmere kembali berangkat berlayar ke Trinidad untuk bergabung dengan orang tuanya yang sedang tinggal di sana. Di Trinidad, ia menikah dengan Alice Rostant, putri seorang pemilik perkebunan yang keturunan Eropa di Trinidad. Setelah itu, Lechmere menjadi penilik sekolah pertama di Trinidad. Lechmere banyak menulis dan menerbitkan artikel tentang paleontologi walaupun tidak memiliki pendidikan formal dalam bidang sains.

R.J.L. Guppy wafat di San Fernando, Trinidad and Tobago.

Ikan Gupi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1866, R.J.L. Guppy menemukan ikan yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Ikan ini begitu menarik perhatiannya sehingga ia merasa perlu mengirim spesimen ini ke kurator British Museum yang bernama Albert C. L. G. Günther. Setelah diperiksa, ikan ini ternyata merupakan spesies baru dan diberi nama "Girardinus guppyi" sebagai penghormatan bagi R.J.L. Guppy yang telah mengirimnya. Spesies ikan ini sebetulnya sudah ditemukan pada tahun 1856 oleh ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Peters. Spesies ini bahkan sudah diberi nama Poecilia reticulata pada tahun 1859, tapi lebih populer dengan sebutan ikan Guppy.