Ritual Musgrave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ritual Musgrave (judul asli: The Adventure of the Musgrave Ritual) adalah cerita pendek bergenre misteri yang menampilkan seorang tokoh detektif fiksi karya Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes. Latar waktu pada cerita adalah tahun 1879 dengan Reginald Musgrave sebagai klien. Tidak seperti cerita-cerita yang lain, kali ini Holmes sendiri yang menjadi narator. Sebagai narator, ia menyampaikan ceritanya kepada Dr. Watson.

Ritual Musgrave memiliki elemen dari dua cerita Edgar Allan Poe: Serangga Emas (judul asli: "The Gold Bug") dan Tong Amontillado (judul asli: "The Cask of Amontillado").

Cerita ini menduduki peringkat ke-11 dalam daftar 12 Cerita Holmes Teratas milik Conan Doyle. Akan tetapi, pada tahun 1959 Baker Street Journal menilai cerita ini pada peringkat 6 dari 10 cerita.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Cerita aslinya diterbitkan pada May 1893 dalam The Strand Magazine dengan ilustrasi dari Sidney Paget. Cerita ini juga termasuk dalam The Memoirs of Sherlock Holmes. Teks di dalam The Strand Magazine tidak menyebutkan pada bulan apa bayangan oak seharusnya diukur (bayangannya akan menjadi lebih panjang pada musim dingin), tetapi sebuah bait ditambahkan ke Memoirs yang menyebutkan "sixth from the first" (terjemahan: “bulan keenam”).

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Adaptasi pertama cerita ini adalah film bisu Prancis tahun 1912 "Le Trésor des Musgraves" (terjemahan: Harta Karun Musgraves). Di samping itu, cerita ini juga telah diadaptasi ke dalam film yang berjudul Sherlock Holmes Faces Death yang disutradarai oleh Roy William Neill pada tahun 1943 dan serial BBC Sherlock episode ke-3 dari musim ke-4 "The Final Problem" pada tahun 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://baca.sherlocked.org/2012/05/ritual-musgrave.html Diarsipkan 2017-11-11 di Wayback Machine.

http://bakerstreet.wikia.com/wiki/The_Adventure_of_the_Musgrave_Ritual