Richard M. Karp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Richard M. Karp

Richard Manning Karp (lahir 1935) adalah seorang ilmuwan komputer, yang dikenal lewat penelitiannya di bidang teori algoritme, dan membuatnya mendapat penghargaan Turing Award pada tahun 1985.

Karp dilahirkan di Boston, Massachusetts. Dia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Harvard University pada tahun 1955, kemudian pendidikan master pada tahun 1956, dan Ph.D. di bidang matematika terapan pada tahun 1959. Kemudian ia bekerja di Thomas J. Watson Research Center IBM. Pada tahun 1968, Karp menjadi Profesor di bidang Ilmu Komputer, Matematika dan Riset Operasi di University of California, Berkeley. Meskipun ia sempat selama empat tahun menjadi profesor di University of Washington, Karp tetap bekerja di Berkeley. Pada tahun 2004, Karp mendapat penghargaan Benjamin Franklin Medal di bidang Komputer dan Ilmu Kognitif atas gagasannya di bidang kompleksitas komputasi.

Pada tahun 1971, bersama Jack Edmonds, Karp mengembangkan algoritme Edmonds-Karp untuk menyelesaikan masalah aliran maksimum pada jaringan.

Pada tahun 1987, bersama Michael O. Rabin, Karp mengembangkan algoritme pencarian string Rabin-Karp.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]