Michael O. Rabin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Michael O. Rabin

Michael Oser Rabin (lahir 1931 di Breslau, Polandia) adalah seorang ilmuwan komputer dan penerima Turing Award, penghargaan berprestise di bidang ilmu komputer.

Rabin menyelesaikan pendidikan master di Hebrew University of Jerusalem pada tahun 1953 dan pendidikan Ph.D. di Princeton University pada tahun 1956.

Pada tahun 1976, ia dan Dana Scott menerima penghargaan Turing Award atas makalah yang ditulis pada tahun 1959 yang berjudul "Finite Automata and Their Decision Problem". Makalah ini memperkenalkan konsep mesin nondeterministik, yang kelak terbukti menjadi konsep yang sangat penting di bidang teori kompleksitas komputasi, khususnya dalam menjelaskan kelas kompleksitas P dan NP.

Pada tahun 1975, Rabin juga menemukan uji keprimaan Miller-Rabin, sebuah algoritma teracak yang dapat menentukan dengan cepat (namun dengan sedikit kemungkinan akan terjadi kesalahan) apakah sebuah bilangan adalah bilangan prima atau tidak. Penentuan bilangan prima yang dapat dilakukan dengan cepat ini merupakan salah satu kunci sukses dalam implementasi sebagian besar kriptografi berbasis public-key.

Pada tahun 1979, Rabin menemukan Sistem kripto Rabin, yang merupakan sistem kripto asimetrik pertama yang tingkat keamanannya terbukti ekivalen dengan kesulitan menentukan faktorisasi integer dari sebuah bilangan yang sangat besar.

Pada tahun 1987, Rabin, bersama dengan Richard Karp, membuat algoritma pencarian string yang paling efisien dan dinamakan algoritma pencarian string Rabin-Karp.