Richard Johann Kuhn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Richard Johann Kuhn (lahir di Wina, 3 Desember 1900 – meninggal di Heidelberg, 1 Agustus 1967 pada umur 66 tahun) ialah biokimiawan Jerman-Austria.

Anak insinyur Richard C. Kuhn dan profesor Angelika Rodler, ia belajar di Universitas Wina dan Universitas München, mendapatkan gelar doktor pada tahun 1922 dengan disertasi tentang karya ilmiah dalam enzim. Pada tahun 1925 melakukan karier ilmiah di Universitas Muenchen. Pada tahun 1930 ia ditunjuk sebagai KaBag Kimia di Institut Kaiser Wilhelm untuk Penelitian Medis, Universitas Heidelberg, yang setelah tahun 1937 ia juga mengambil bagian dalam administrasi lembaga itu. Selama tahun-tahun itu ia berkolaborasi dengan Universitas Pennsylvania.

Bidang studi Kuhn termasuk: penelitian masalah teoretis kimia organik (stereokimia senyawa alifatik dan aromatik; sintesis poliena dan kumulena; penyusunan dan warna; keasaman hidrokarbon), juga sejumlah bidang dalam biokimia (karotenoid; flavin; vitamin dan enzim). Secara spesifik, ia membawa karya penting pada vitamin B2 dan antidermatitis vitamin B6.

Pada tahun 1938 ia memenangkan Nobwl Kimia untuk karya itu. Namun karena rezim Jerman Nazi yang berkuasa saat itu ia baru bisa menerima penghargaan itu pada tahun 1949.

Ia juga salah satu editor Justus Liebigs Annalen der Chemie (1948).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]