Republik Twitter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Republik Twitter
132706376348771 300x430.jpg
Sutradara Kuntz Agus
Produser Ajish Dibyo
Faizan Zidni
Isaac Zikri
Eva Fadillah
Penulis E.S. Ito
Pemeran Laura Basuki
Abimana Aryasatya
Enzy Storia
Ben Kasyafani
Tio Pakusadewo
Nina Tamam
Leroy Osmani
Enzy Storia
Jennifer Arnelita
Leroy Osmani
Gary Iskak
Otig Pakis
Edi Oglek
Sinematografi Ujel Bausad
Penyunting Aline Jusria
Bayu Sulistyo
Distributor Amalina Pictures - RupaKata Cinema
Tanggal rilis 16 Februari 2012
Durasi 90 menit
Negara Bendera Indonesia

Republik Twitter adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 16 Februari 2012 dan disutradarai oleh Kuntz Agus serta dibintangi oleh Laura Basuki dan Abimana Aryasatya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Pernyataan Sutradara[sunting | sunting sumber]

Jejaring sosial, dan bagaimana manusia mengubah pola komunikasinya melalui mediasi-mediasi teknologi menjadi perhatian yang menarik. Twitter adalah salah satu mediasi itu, di mana orang-orang bertemu, tumbuh, membesar, hancur dan hilang. pencinta menemukan jodohnya, pecundang menghujat pecundang yang lain, selebriti lahir dalam sehari dan beragam replika sosial yang ada dalam dunia twitter adalah bekal dalam menyusun film ini.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlatar belakang kegilaan anak muda akan Twitter dan jejaring sosial, #RepublikTwitter adalah cerita tentang Sukmo (Abimana Aryasatya), lelaki jogja yang ambisius, lucu dan cerdas. Sukmo menjalani kesehariannya leih banyak di belakang komputer, hingga ia jatuh cinta kepada Hanum (Laura Basuki), perempuan cantik yang pemurung, yang dikenalnya juga melalui twitter. Bagi Sukmo, dunia twitter adalah dirinya, apa adanya. sedang bagi Hanum, twitter adalah bentuk pelariannya, alter ego bagi keceriaan yang tidak pernah muncul di hari-harinya. Mereka dekat dan berkisah, tapi, dunia maya tak akan pernah memuaskan siapa pun yang benar-benar hidup di dunia nyata. Dan ternyata Sukmo masih menapakkan kakinya di dunia nyata, ia ingin bertemu dengan Hanum. Sukmo berangkat Jakarta, bersama sahabatnya, Andre (Ben Kasyafani).

Sukmo lupa satu hal, ada kelas sosial di dunia nyata, dan itulah yang baru dia sadari ketika bertemu dengan Hanum. Selanjutnya adalah kerja keras Sukmo untuk membuat dirinya lebih terlihat, lebih percaya diri dan dekat dengan Hanum. menjadi seseorang yang setara dengannya. Sukmo bekerja di bidang yang menjadi keahliannya, bisnis 140 karakter di Twitter. Tapi inilah yang menjebak dirinya ke dalam pasir hisap yang semakin mengikat, Bisnis pencitraan politik berbasis jejaring sosial yang digawangi Kemal (Tio Pakusadewo) dan Belo.

Perjalanan cinta Sukmo mendapat ujian yang berat. Tapi begitulah cara meraih mimpi, dengan pengorbanan. Bersama Andre dan kekasihnya Nadya (Enzy Storia), Sukmo berjuang untuk apa yang selama ini maya, menjadi nyata: Hanum.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]