Ray William Johnson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ray William Johnson
Lahir 14 Agustus 1981 (umur 33)
Kota Oklahoma, Oklahoma, Amerika Serikat
Nama lain Ray, RWJ
Pekerjaan Video blogger, produser, aktor , komedian
Tahun aktif 2007–sekarang
Dikenal karena Video YouTube
Situs web
www.raywj.com

Ray William Johnson (lahir 14 Agustus 1981) atau akrab dipanggil Ray adalah seorang video blogger, produser, dan aktor Amerika yang dikenal karena saluran YouTube-nya yakni Equals Three , dimana ia memberikan ulasan pada video - video yang sedang beredar dan populer di YouTube. Equals Three bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Sama Dengan Tiga", ia biasa juga menuliskannya secara numerik "=3". Banyak video yang telah diulas di Equals Three menjadi semakin terdorong popularitasnya berkat Ray, hal itu dapat terjadi karena dia mengulas video - video tersebut dengan gaya lucu dan satir yang bersifat komedi, apalagi Ray juga selalu menyertakan link (pranala) atas video yang diulasnya pada tiap episode dalam Equals Three, sehingga penonton dapat diarahkan menuju Uploader (pengunggah) asli video tersebut. Pada bulan Februari 2011, salah satu publikasi mencatat bahwa Ray memiliki enam video dari dua puluh video yang paling banyak ditonton masyarakat luas pada bulan itu. Pada awal bulan September 2012, Ray telah mendapatkan sebanyak hampir 2 miliar penayangan video. Pada bulan Juli 2013, saluran YouTube RayWilliamJohnson memiliki lebih dari 9,6 juta pelanggan.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Ray lulus dari Norman North High School (Sekolah Menengah Atas Norman Utara) di Oklahoma pada tahun 1999. Profil YouTube Ray menyatakan bahwa ia lahir dan dibesarkan di Kota Oklahoma. Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Ray menyebutkan ia berkuliah di Universitas Columbia dengan mengambil konsentrasi Sejarah, di profilnya ia juga menambahkan bahwa ia sedang mempersiapkan dirinya untuk mengambil kuliah hukum.

Karier[sunting | sunting sumber]

Saat di Columbia, Ray memulai format show pertamanya, Equals Three, format show-nya ini memiliki kombinasi dari dua gaya video yang populer yaitu: menonton video yang sedang populer dan membuat video blogger. Dalam Equals Three, Ray mengulas, mengkritik, dan menambahkan komentar ke beberapa video yang sedang populer dan terbaru di internet. Episode - episode pada Equals Three biasanya diunggah ke salurannya setiap hari Selasa. Equals Three adalah salah satu saluran yang memiliki pelanggan terbanyak di YouTube, memiliki lebih dari 9 juta pelanggan pada bulan Juli 2013, dan telah diakui oleh Guinness World Records. Tiap episode secara konsisten mampu memperoleh beberapa juta penayangan dalam waktu seminggu . Ray juga telah menghadirkan bintang tamu selebriti dalam Equals Three, diantaranya Robin Williams, Sarah Silverman, Gabriel Iglesias, Kal Penn, Margaret Cho, Bobby Lee, TJ Miller, Garfunkel dan Oates, John Cho, Jason Biggs, Andy Milonakis, Timotius De La Ghetto, RZA, dan KassemG (Kassem Gharaibeh).

Pada bulan Oktober 2012, Ray memindahkan Equals Three dari tangan Maker Studios, yakni jaringan multi saluran Youtube yang telah ia rekrut untuk membantu produksi pertunjukan. Dia telah mengumumkan kepindahannya pada salah satu episode Equals Three. Ray telah menyatakan bahwa ia meninggalkan Maker Studios karena tekanan perusahaan tersebut pada dirinya untuk menandatangani kontrak baru. Ray lalu merilis isian dari kontrak tersebut, yang menunjukkan bahwa Maker Studios menginginkan pembagian 40% dari pendapatan AdSense saluran online-nya, dan 50% dari hak kekayaan intelektual program show-nya Equals Three. Dia menyatakan bahwa mereka menggunakan "cara preman" untuk menekannya agar dia menandatangani kontrak tersebut, salah satunya ada dugaan pemanfaatan akun AdSense-nya untuk mengambil keuntungan dari hak kekayaan intelektual saluran YourFavoriteMartian miliknya. Ray juga mengklaim bahwa CEO Maker Studios, Danny Zappin, adalah seorang mantan narapidana, tuduhan tersebut kemudian diakui oleh Zappin di hadapan publik.

Pada bulan Januari 2011, Ray meluncurkan saluran YouTube kolaboratifnya yang bernama "YourFavoriteMartian" (YFM), yang menampilkan video musik yang dibuat secara animasi. Lagu-lagu dalam video musik tersebut dibawakan oleh band virtual yang beranggotakan empat karakter (tokoh) kartun fiksi: PuffPuff Humbert (vokal, diisi suara oleh Ray) , DeeJay (DJ), Axel Chains (drum), dan Benatar (vokal, gitar / keytar / bass / piano, diisi suara oleh Jesse Cale). Ray menulis lirik, melakukan rap, bernyanyi, membuat komposisi beat, dan kadang-kadang juga bekerja sama dengan musisi lain untuk memproduksi lagu.

YFM telah merilis 31 lagu orisinil, 2 lagu remix dari lagu orisinil, 1 lagu remix dari lagu artis lain, 1 lagu Mashup, dan 8 lagu cover pada saluran tersebut. Pada bulan Maret 2013, saluran tersebut telah mendapatkan sebanyak lebih dari 2 juta pelanggan, dan lebih dari 482 juta penayangan video. Pada bulan November 2012, Ray mengumumkan bahwa proyek YFM "sudah pensiun".

Pada bulan Mei 2013, Ray mengumumkan bahwa ia telah menandatangani kesepakatan produksi sitkom (situasi komedi / komedi situasi) untuk jaringan televisi Amerika FX.

Referensi[sunting | sunting sumber]

English Wikipedia Ray William Johnson Wikipedia Bahasa Inggris Ray William Johnson

Pranala luar[sunting | sunting sumber]