RapidShare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
RapidShare
Jenis Aktiengesellschaft
Didirikan 27 Mei 2002; 13 tahun yang lalu (2002-05-27)
Kantor pusat Cham, Switzerland
Tokoh utama Alexandra Zwingli
(CEO & COO)
Slogan Secure Data Logistics
Situs web rapidshare.com
Peringkat Alexa 156 (May 2012)[1]
Jenis situs One-click hosting
Periklanan Berlangganan
Pendaftaran Opsional
Bahasa Inggris
Perancis
Jerman
Spanyol
Italia
Portugis Brasil
Polandia
Rusia
Yunani and Turki
Status terakhir Ditutup (pada tanggal 31 Maret 2015)

RapidShare adalah situs one-click hosting Jerman yang dioperasikan di Swiss dan didanai oleh pendapatan dari pengguna yang membayar. Rapidshare adalah salah satu situs berbagi berkas terbesar di dunia dengan jutaan berkas disimpan di dalam servernya. Menurut Alexa, Rapidshare.com adalah situs yang berada di peringkat ke-12 yang paling banyak dikunjungi.

Untuk mendownload file dari Rapidshare bisa secara Free (gratisan) atau menjadi premium. Keuntungannya mendownload menggunakan akun premium adalah:

  • Tidak perlu menunggu
  • Bisa pause-resume (download bisa dihentikan dan dilanjutkan kapan saja)
  • Bisa paralel download (download beberapa file sekaligus)
  • Bisa menggunakan download manager seperti IDM, Flashget, dll
  • Kecepatan lebih tinggi

Untuk sistem perhitungan Premium, awalnya Rapidshare membaginya berdasarkan waktu yaitu 1,3,6 dan 12 bulan. Namun sejak September 2010, Rapidshare menerapkan sistem baru untuk mendapatkan Rapidshare Premium. Dari yang awalnya bersifat bulanan menjadi sistem Rapids.

Apakah Rapids? Rapids mirip seperti pulsa telepon dimana pulsa dipotong untuk abonemen dan pemakaian telepon. Rapids pun demikian, rapids akan dipotong untuk abonemen berupa Rapidpro dan untuk menambah kuota download. Jadi, untuk menikmati fitur premium maka pengguna harus mengaktifkan Rapidpro. Rapidpro diaktifkan dengan memotong Rapids yang dimilikinya

  • 495 Rapids untuk aktivasi Rapidpro selama 1 bulan dengan kuota download 150 GB
  • 5499 Rapids untuk aktivasi Rapidpro selama 1 tahun dengan kuota download 1800 GB

Jika download melebihi kuota maka pengguna harus menambah kuota download dengan menukarkan rapids yang masih dimilikinya yaitu sebesar 280 rapids untuk setiap penambahan 100 GB.

Rapids bisa diperoleh dengan cara membeli langsung ke Rapidshare atau membeli dari reseller resmi. Khususnya di Indonesia, pengguna Rapidshare dapat membeli Rapids ke reseller resmi seperti tokorapid.com dan cukup membayar melalui bank lokal setempat seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI atau ATM Bersama.

[2]

Penutupan[sunting | sunting sumber]

RapidShare telah menutup layanannya setelah mengumumkan bahwa layanannya akan ditutup pada tanggal 31 Maret 2015, semua akun yang terdaftar di RapidShare, baik file dan informasinya terhapus secara otomatis ketika RapidShare ditutup

Dalam pengumumannya pada tanggal 13 Februari 2015, RapidShare tidak memberikan alasan mengenai alasan penghentian layanannya. Perusahaan tersebut tidak memiliki blog aktif dan bahkan tidak ditemukan postingan baru di halaman Facebook sejak Januari 2014 lalu, dan juga Twitternya yang sudah tidak berkicau sejak Desember 2013. Dalam pengumumannya hanya disebutkan bahwa pengguna masih bisa melakukan perpanjangan dengan model Standard Plus berbiaya €49.99 perbulan serta model Premium dengan biaya €99.99 per bulan dimana metode berlangganan bisa dilakukan hingga tanggal 29 Februari. Rapidshare sangat merekomendasikan para pelanggannya untuk mengamankan data mereka karena mereka tidak akan memiliki pilihan untuk mengambilnya pada bulan April yang lalu[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]