Ranum (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ranum
Format Sinetron
Pembuat MD Entertainment
Penulis Hilman Hariwijaya
Pembawa acara Shireen Sungkar
Teuku Wisnu
Pemeran Shireen Sungkar
Teuku Wisnu
Lian Firman
Donita
Stefanie Hariadi Theresia
Iqbal Pakula
Irene
Rina Hasyim
Metha Yunatria
Yurike Prastika
Hasninda Nurmadhani
Pengisi suara Shireen Sungkar
Komposer lagu tema Addie Muljadi Sumaatmadja
Lagu tema Allahu Akbar, Shireen Sungkar Feat. Teuku Wisnu
Lagu pembuka Allahu Akbar, Shireen Sungkar Feat. Teuku Wisnu
Lagu penutup Allahu Akbar, Shireen Sungkar Feat. Teuku Wisnu
Komposer Addie Muljadi Sumaatmadja
Negara  Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Jumlah episode 38 Episode
Produksi
Produser eksekutif Dhamoo Punjabi
Produser Manoj Punjabi
Lokasi Jakarta
Durasi 1 Jam (20:00-21:00)
Rumah produksi MD Entertainment
Distributor MD Entertainment
Siaran
Saluran asli MNCTV
Format gambar 480i (SDTV/UHF)
Format audio Stereo
Dolby Digital 5.1
Siaran perdana Senin, 25 Juli 2011
Periode siaran Senin, 25 Juli 2011–Rabu, 14 September 2011
Kronologi
Dilanjutkan oleh Kesucian Cinta


Ranum adalah salah satu Sinetron religi beragama Islam menjelang bulan Ramadhan dan Syawal yang ditayangkan stasiun siaran media televisi saluran asli di MNCTV dan yang diproduksi studio video production house motion pictures di MD Entertainment setiap hari pukul jam 20:00 WIB Malam pada tahun 2011 mulai perdana pertama kali mengudara diluncurkan sejak pada tanggal hari Senin, 25 Juli 2011 dan akhir penutup selesai kali berhenti siaran diubarkan tamat sejak pada tanggal hari Jumat, 9 September 2011 berapa jumlah oleh 38 Episode selama bulan Ramadhan dan Syawal. dengan lagu tema soundtrack yang berjudul Allahu Akbar yang dipopulerkan oleh Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. Pemainnya antara lain ialah Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Nama Pemeran Sebagai Hubungan
Shireen Sungkar Ranum Istri Maliq, Anak tiri Miranda, Teman Adila
Teuku Wisnu Maliq Suami Ranum, Anak ketiga Samira, Cucu ketiga Halimah, Adik Fadia dan Attar, Kakak Mila'
Lian Firman Attar Suami Paris, Mantan Pacar Fahrani, Anak kedua Samira, Cucu Kedua Halimah, Adik Fadia, Kakak Maliq dan Mila
Donita Fahrani Mantan Pacar Attar
Stefanie Hariadi Theresia Paris Istri Attar, Adik Bima
Iqbal Pakula Jody Suami Fadia
Irene Samira Anak Halimah, Ibu Fadia, Attar, Maliq, dan Mila
Rina Hasyim Halimah Ibu Samira, Nenek Fadia, Attar, Maliq, dan Mila
Metha Yunatria Fadia Istri Jody, Anak pertama Samira, Cucu pertama Halimah, Kakak Attar, Maliq, dan Mila
Yurike Prastika Miranda Ibu tiri Ranum
Hasninda Nurmadhani Mila Pacar Ruben, Anak bungsu Samira, Cucu bungsu Halimah, Adik Fadia, Attar, dan Malik
Bemby Putuanda Vicky / Zul Pacar Mona
Ayu Andriana Adila Teman Ranum
Rendy Septino Ruben Pacar Mila
Ferdi Ali Bima Kakak Paris'
Delia Septianti Mona Pacar Vicky / Zul
Puadin Redi Pandu Bos Ranum dan Adila
Zaenal Abidin Domba Papi Ayah Mona
Putty Noor Nur
Delia Paramitha
Siti Anizah
Nuri Maulida Rina
Eti Fatimah Ikah pemabntu Samira"

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ranum (Shireen Sungkar) adalah gadis yatim yang cantik dan baik yang berasal dari kalangan bawah. Sayang nasibnya kurang beruntung. Ibu tirinya, Miranda (Yurike Prastika), sering menyiksanya. Namun dia tetap ceria dan tak pernah mengeluh. Bersama sahabatnya, Adila, Ranum bekerja di toko baju di sebuah pasar. Ranum jatuh cinta pada pemuda kaya bernama Maliq (Teuku Wisnu), yang ternyata juga amat mencintainya. Maliq sering memuji Ranum di depan ibunya, Samira (Irene); neneknya, Halimah (Rina Hassim); kakaknya, Attar (Lian Firman); serta adiknya, Mila (Hasninda Nurmadhani). Maliq memanggil Ranum dengan sebutan ‘putri yang kaya hati’. Samira, yang menilai semuanya dengan uang, mengira Ranum benar-benar seperti putri. Namun ketika bertemu secara langsung, Samira kaget karena ternyata Ranum hanya gadis miskin yang datang ke rumahnya naik bajaj. Samira spontan melarang Maliq. Karena bagi Samira, jodoh anak-anaknya harus sederajat dengan keluarganya.

Di hari seharusnya Attar menikah dengan Fahrani (Donita), mobil Fahrani malah mengalami kecelakaan. Fahrani yang ada di dalamnya tewas. Attar terpukul berat. Kakak perempuan Maliq, Fadia (Metha Yunatria) dan suaminya, Jody (Iqbal Pakula) lalu mengenalkan seorang teman bernama Paris (Stefanie Theresia) pada Attar. Paris mengaku paham betul perasaan Attar. Maklum, Paris juga baru kehilangan tunangannya. Pelan-pelan, Paris jadi penyemangat Attar. Hingga pada akhirnya Attar menikahi Paris. Secara tak sengaja Ranum mendengar percakapan tentang konspirasi Paris dengan kakaknya. Ranum cerita ke Maliq dia meragukan niat Paris menikah dengan Attar. Maliq kemudian meneruskan info ini ke ibunya. Samira terkejut dan mengancam Maliq agar segera putus dengan Ranum. Tapi keadaan malah membuat Samira terpaksa menerima Ranum sebagai istri Maliq. Paris terus melancarkan aksinya. Samira yang dasarnya benci pada Ranum, makin yakin bahwa Ranum jadi brengsek gara-gara hasutan Paris. Sebenarnya, di balik Paris ada Jody yang berperan besar membuat kekacauan ini. Jody, menantu Samira ini, sengaja membawa Paris ke keluarga itu untuk balas dendam atas penghinaan Attar dulu. Jody yang ambisius dulu ingin menikahi Fadia, anak pertama Samira, dengan harapan bisa mendapatkan perusahaan sendiri. Tapi sayangnya Attar—yang memimpin perusahaan keluarga itu—menertawakannya.Attar memintanya untuk kerja keras dulu, membuktikan kemampuannya. Hal ini memotivasi Jody merampas kekayaan keluarga itu sampai mereka bangkrut dan jadi gelandangan.

Paris terus menciptakan konflik antara Samira dan Ranum. Samira mulai merasa hidupnya terancam gara-gara Ranum. Puncaknya, Samira mengusir Ranum. Maliq dan Halimah memilih ikut Ranum. Pelan-pelan Paris bermanipulasi sehingga Attar dan Samira mau menyerahkan surat kuasa padanya untuk mengurusi perusahaan. Attar dibuat kecelakaan dan terluka parah. Setelah semuanya didapat, akhirnya Paris memperlihatkan warna aslinya. Ia usir Samira dan Mila dari rumah. Maliq dan Ranum akhirnya tahu. Mereka kemudian mengajak Samira dan Mila tinggal bersama. Maliq memutuskan harus balas dendam dan kasih pelajaran kepada Paris dan gengnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]