Randy Duke Cunningham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
F-4J VF-96, pesawat tempur yang pernah diterbangkan oleh Randal Harold Cunningham.

Randall Harold Cunningham (lahir 8 Desember 1941) adalah seorang penerbang ahli dari Marine Corps Amerika Serikat. Karier Randy awalnya bukanlah seorang penerbang, melainkan seorang pendidik. Pada tahun 1967, ia mendaftarkan diri jadi penerbang di angkatan laut AS. Pada saat perang Vietnam, ia dikirim ke Vietnam sebagai penerbang F-4J dalam Skadron VF-69 Fhighting Falcons. Jagal pertamanya adalah sebuah MiG-21. Pesawat itu hancur setelah dihantam AIM-9 Sidewinder kedua setelah Sidewinder pertama tidak mengenainya karena terlalu jauh. Korban terakhirnya adalah sebuah MiG-17.

Kejadiannya bermula saat Cunningham hendak kembali ke USS Constellation, tanpa diduga datang Fresco yang terbang mendekat ke arahnya. Fresco memuntahkan kanonnya, Cunningham ingat cara menghindari semburan peluru dari depan. Kemudian tuas kemudi ditarik dan phantom pun segera menanjak. Randy dan navigatornya, William Driscoll, sekuat tenaga melawan 6G. Ia yakin Fresco tersebut tidak mau meladeninya.

Tapi, perkiraannya salah, pilot MiG tersebut mengikutinya menanjak, sepertinya pilot MiG tahu betul apa yang dipikirkan Cunningaham. Bahkan, gerakan paling sulit sekalipun, MiG Tersebut bisa melakukannya. Tetapi, di luar perhitunganya Phantom Milik Cunningham sudah berada dalam jarak tembak MiG. Cunningham nyaris terbabat. Ketika MiG Tersebut berada pada arah pukul 4 Cunningham menembakkan Sidewinder dan tepat mengenainya. Ada kabar tersiar bahwa pesawat yang ditembaknya adalah Ace Vietnam Utara, Collonel Tomb.