Ramon I dari Pallars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raymond I (bahasa Katalan: Ramon, bahasa Spanyol: Raimundo) (skt. 884-920) merupakan Comte Pallars pertama yang independen dan Ribagorça dari tahun 872 sampai kematiannya. Spekulasi awal membuatnya menjadi keturunan Comte Toulouse,[1] tetapi ia tentu saja "Comte Ramon, putra Comte Llop... di negara Pallars" (Regimundo comite, filio Luponi comiti ... di pago Paliarensi) dari dokumen tahun 920.[2] Ayahandanya mungkin adalah comte Basque Llop I dari Bigorre[3] dan selama hidupnya Pallars mewakili bagian paling timur dari bahasa Basque.[4]

Ramon adalah bangsawan lokal yang setelah pembunuhan Bernard II dari Toulouse oleh partisan Bernard Plantapilosa (872) mengambil alih kekuasaan untuk dirinya sendiri di Pallars dan Ribagorza.[5] Keadaan yang tepat di sekitar kenaikannya tidak jelas, tetapi ia mungkin memegang tanah di selatan Pirenia dari County Toulouse sebelum memperoleh kemerdekaan.[6] Tidak jelas juga bagian mana yang dimainkan oleh orang-orang terkemuka di wilayah itu dalam pengangkatannya, tetapi setelah fakta bahwa Pallar dan Ribagorza bahkan tidak dikaitkan dengan Francia secara nominal.[5]

Raymond segera membuat tawaran perdamaian dan persekutuan dengan para gubernur Banu Qasi dari Huesca dan Zaragoza, pada tahun 884 bahkan membeli Zaragoza, hanya untuk memilikinya segera direbut oleh Khilafah. Pada akhirnya, kebijakan Reconquista harus diadopsi. Secara konsekuen, pemerintahannya melihat reruntuhan Pallars dari Ribagorza dan proliferasi turres (menara pertahanan).[7] Kastil dibangun di Leovalles, Castellous, dan Lemignano.[8] Ramon juga mengkonsolidasikan kemerdekaan de facto-nya dari otoritas superior apa pun dengan menciptakan baru keuskupan Pallars, memungkinkan dirinya untuk mengontrol gereja lokal. Raymond juga membentuk aliansi dengan dinasti Jimenez dari Navarra. Dia menikahkan saudarinya, Dadildis dengan García Jiménez dari Pamplona, dan pada tahun 905 dia bekerjasama dengan Alfonso III dari Asturias dan Abd Allah ibn Lubb ibnu Qasi dalam kudeta yang menggagalkan Fortún Garcés dari Pamplona demi keponakan Ramon, Sancho Garcés I.[9]

Pada tahun 904 ia diserang oleh Lubb ibn Muhammad bin Qasi, yang mengambil 700 tahanan, termasuk putra Ramon dan pewaris Isarn. Dia kehilangan banyak Ribagorza, termasuk Roda dan Montpedrós, kepada Muhammad al-Tawil dari Huesca pada tahun 907 dan setelah itu memerintah terutama hanya Pallars, yang selalu menjadi basis politiknya. Istrinya mungkin Giniguentes, putri Aznar Dat, yang disebutkan dalam Kodeks Roda, tetapi teks ambigu dan mungkin merujuk pada istri putranya, Isarn.[10] Pallars diwarisi oleh dua putra termudanya, Isarn dan Llop, sementara sebagian besar Ribagorza diserahkan kedua putranya yang lebih tua, Miro dan Bernard Unifred. Putra Ramon lainnya adalah Ato, Uskup Pallars, yang muncul baik sebagai saudara Bernard dan Isarn dalam beberapa dokumen kontemporer.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Serrano y Sans, 127;del Arco y Garay, 359
  2. ^ d'Abadal y de Vinyals, I: 351
  3. ^ d'Abadal y de Vinyals, I: 121
  4. ^ Lewis, 112 n104.
  5. ^ a b Lewis, 110.
  6. ^ Lewis, 112.
  7. ^ Lewis, 131–132.
  8. ^ Lewis, 229–230.
  9. ^ Pérez de Urbel, 297
  10. ^ Lacarra, 234. In concluding a paragraph that describes both Raymond and Isarn, the Codex relates that "This [man] married Giniguentes, daughter of Aznat Dat," and could be referring to either father or son, though the author had left the name of Raymond's wife blank earlier in the paragraph, suggesting this statement refers to Isarn. Isarn had a documented wife, Senegundia, perhaps representing the same name as Giniguentes.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • d'Abadal i de Vinyals, Ramon. Els comtats de Pallars i Ribagorça, Institut d’Estudis Catalans:Barcelona, 1955.
  • del Arco y Garay, Ricardo. "España Christiana: Hasta el año 1035, fecha de la Muerte de Sancho Garcés III" in España Christiana: Comienzo de la Reconquista (711-1038). Historia de España [dirigida por Don Ramón Menéndez Pidal], vol. 6. Espasa Calpe: Madrid, 1964.
  • Lacarra, José María. "Textos navarros del Códice de Roda," Estudios de Edad Media de la Corona de Aragón, 1:194-283 (1945).
  • Lewis, Archibald Ross. The Development of Southern French and Catalan Society, 718–1050. University of Texas Press: Austin, 1965.
  • Pérez de Urbel, Justo. "Los Primeros Siiglos de la Reconquista, (Años 711-1038)" in España Christiana: Comienzo de la Reconquista (711-1038). Historia de España [dirigida por Don Ramón Menéndez Pidal], vol. 6. Espasa Calpe: Madrid, 1964.
  • Serrano y Sans, Manuel. Noticias y documentos historicos del Contado di Ribagorza hasta la muerte de Sancho Garces III, Centro de Estudios Historicos: Madrid, 1912.