Rambah Hilir, Rokan Hulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rambah Hilir
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenRokan Hulu
Pemerintahan
 • CamatH. Agus Salim, S.Sos
Populasi
 • Total41.041 jiwa
Kode pos
28561
Kode Kemendagri14.06.08
Kode BPS1407041
Luas279,16 km²
Desa/kelurahan13 Desa

Rambah Hilir adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Indonesia. Kecamatan Rambah Hilir memiliki 13 desa antara lain Desa Rambah Muda, Pasir Utama, Pasir Jaya, Rambah, Muara Musu, Sejati, Sungai Sitolang, Lubuk Karapat, Rambah Hilir Timur, Rambah Hilir Tengah, Serombou Indah, Sungai Dua Indah dan Rambah Hilir, dimana Muara Rumbai sebagai ibukota dan pusat pemerintahannya. Kecamatan Rambah Hilir memiliki luas ±279,16 km dan jumlah penduduk ±41.041 jiwa.

Desa/Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Rambah Hilir didominasi oleh wilayah daratan dan hanya sedikit wilayah perairan. Mata pencarian masyarakat Rambah Hilir Pertanian dan Perternakan. Kecamatan Rambah Hilir berbatasan dengan Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Tambusai, di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Kepenuhan, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Rambah Samo dan Kecamatan Rambah, sedangkan disebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Bangun Purba dan Kecamatan Tambusai.

Tempat Wisata[sunting | sunting sumber]

Objek wisata yang ada di Kecamatan Rambah Hilir diantaranya, Makam Raja-raja Rambah yang merupakan lokasi pemakaman Raja-raja yang pernah memimpin di Kerajaan Rambah (Luhak Rambah). Daerah ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Rambah yang berada di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir. Objek wisata lainnya adalah rumah batu serombou tepatnya berada di Dusun Tanjung Betung, Desa Serombou Indah. Selain itu terdapat juga agrowisata buah naga yang berada di Desa Lubuk Kerapat.

Referensi[sunting | sunting sumber]