Rahang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rahang bawah manusia

Rahang adalah salah satu dari dua struktur yang membentuk, atau berada di dekat jalan masuk, ke mulut. Pada sebagian besar vertebrata, kedua rahang berhadapan secara vertikal, membentuk rahang atas dan bawah, sedangkan pada arthropoda, rahang saling berhadapan secara lateral. Fungsi utama rahang adalah untuk pemasukan makanan, pintu masuk ke mulut, dan atau pemrosesan awal makanan (mengunyah). Istilah rahang juga secara umum digunakan untuk keseluruhan struktur yang membentuk rongga mulut dan berfungsi membuka dan menutup mulut. Rahang terbagi menjadi 2, yaitu Rahang atas (Os Maxilla) dan Rahang bawah (Os Mandibulla)

Rahang atas[sunting | sunting sumber]

Rahang atas (Os Maxilla) adalah rahang yang terletah disebelah atas, dibawah hidung di atasnya rahang bawah. menyusun sebagian dari hidung, dan langit-langit

Rahang bawah[sunting | sunting sumber]

Rahang bawah (Os Mandibulla) adalah rahang yang terletak di bawah rahang atas. Disini terdapat bgian yang menonjol yang disebut dagu. Rahang atas menempel pada tulang tengkorak bagian temporal. Hal tersebut merupakan satu-satunya hubungan antar tulang dengan gerakan yang lebih bebas.