Rafael de Nogales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rafael de Nogales Mendez dalam seragam militer Ottoman dari Perang Dunia I

Rafael Inchauspe Méndez, yang dikenal sebagai Rafael de Nogales Méndez (14 Oktober 1879 di San Cristóbal, Táchira – 10 Juli 1937 di Kota Panama) adalah seorang tentara, petualang, dan penulis Venezuela yang mengabdi pada Kekaisaran Ottoman selama Perang Besar (1914–18). Dia bepergian secara ekstensif dan bertempur di banyak perang seusianya.

Pendidikan dan konflik pertama[sunting | sunting sumber]

Ketika seorang pemuda ayahnya mengirimnya untuk belajar di Eropa dan dia kuliah di Universitas di Jerman, Belgia dan Spanyol, dan berbicara beberapa bahasa dengan lancar. Terlepas dari pendidikannya, Nogales merasa lebih tertarik pada profesi militer dan dia mulai bepergian ke mana berita perang membawanya. Dia mengambil bagian dalam beberapa konflik di bagian terakhir abad ke-19 dan awal abad ke-20: dia berjuang untuk Spanyol melawan Amerika dalam Perang Spanyol-Amerika. Pada tahun 1902 dengan dukungan presiden Zelaya dari Nikaragua, Nogales berpartisipasi dalam upaya yang gagal untuk menggulingkan diktator Venezuela Cipriano Castro yang melibatkan ekspedisi di atas sekunar La Libertad. Pasukan mendarat di semenanjung La Guajira tetapi dikalahkan oleh Jenderal Antonio Davila di Carazua sebagai bagian dari Revolución Libertadora dari Venezuela . Pada tahun 1904 berpartisipasi dalam Perang Rusia-Jepang sebagai agen ganda. Selain itu, ia menghabiskan waktu di Alaska selama demam emas di sana. Di California ia bertempur dengan pasukan revolusioner Meksiko Ricardo Flores Magón dan juga bekerja sebagai koboi di Arizona. Ia kembali ke Venezuela pada tahun 1908, setelah kudeta militer Juan Vicente Gómez yang menggulingkan musuhnya Cipriano Castro. Nogales ditunjuk oleh Jenderal Gómez sebagai presiden Negara Bagian Apure, namun, dia diasingkan setelah menjadikan dirinya musuh presiden baru.

Perang Dunia I[sunting | sunting sumber]

Ketika Perang Dunia I dimulai, setelah gagal mencoba untuk bergabung dengan sejumlah tentara Eropa lainnya, ia terdaftar di Angkatan Darat Ottoman dan ditugaskan ke Front Kaukasus, di mana ia mencapai pangkat mayor. Dia memimpin pasukan Gendarmerie Utsmani ke dalam pertempuran melawan pemberontak Armenia selama Pengepungan Van, tetapi meminta untuk dibebaskan karena apa yang dia yakini sebagai "pembantaian orang Kristen yang tidak dapat dibenarkan".[1] Dia percaya bahwa pembantaian itu dilakukan oleh Khalil Bey, Komandan dan Kepala Pasukan Ekspedisi yang dengan sukarela dia layani.[1] Dia kemudian menulis sebuah buku yang menggambarkan pengalamannya dengan Tentara Ottoman dalam Perang Dunia I.

Dalam bukunya, de Nogales menceritakan pembantaian penduduk Armenia di Van selama genosida Armenia dan menulis [2]

At dawn I was awakened by the noise of shots and volleys. The Armenians had attacked the town. Immediately I mounted my horse and, followed by some armed men, went to see what was happening. Judge of my amazement to discover that the aggressors had not been the Armenians, after all, but the civil authorities themselves! Supported by the Kurds and the rabble of the vicinity, they were attacking and sacking the Armenian quarter, I succeeded at last, without serious accident, in approaching the Beledie reis of the town, who was directing the orgy; whereupon I ordered him to stop the massacre. He astounded me by replying that he was doing nothing more than carry out an unequivocal order emanating from the Governor-General of the province to exterminate all Armenian males of twelve years of age and over.

Nogales Méndez melaporkan bahwa otoritas sipil merasa lebih baik membunuh di malam hari dengan bantuan orang Kurdi setempat.[3] Ketika mengunjungi Aghtamar, sebuah pulau di Danau Van di mana Katedral Salib Suci Armenia berada, ia mencatat bahwa ia menemukan mayat banyak imam.[4]

Setelah dipindahkan dari Kaukasus, ia melihat aksi di Front Sinai dan Palestina. Dia bertempur di garis Turki selama seluruh perang, dan dianugerahi Salib Besi oleh Kaiser Wilhelm II. Pada suatu kesempatan selama Kampanye Sinai dan Palestina, ia berhadapan langsung dengan Kolonel TE Lawrence di perbatasan. Dia dan Lawrence saling memandang, lalu tanpa berbicara dia dan Lawrence berpisah tanpa mengatakan apa-apa. Dia dibandingkan dengan TE Lawrence karena pekerjaan mereka di Arabia meskipun seragam mereka berbeda.

Tahun-tahun dan kematian pascaperang[sunting | sunting sumber]

Setelah perang berakhir, ia bekerja dengan revolusioner Nikaragua Augusto César Sandino. Di London, Nogales menulis beberapa buku tentang petualangannya keliling dunia.

Pada tahun 1936, setelah kematian Gómez, Nogales Méndez kembali ke Venezuela dan dikirim sebagai komisaris ke Panama untuk mempelajari tentara negara itu.

Nogales Méndez meninggal di Panama City pada tahun 1937, dalam usia 59 tahun.

Buku[sunting | sunting sumber]

Nogales Méndez menulis beberapa buku tentang pengalaman hidupnya.

  • Cuatro años bajo la Media Luna (1925), judul bahasa Inggris: Empat Tahun Di Bawah Bulan Sabit, tentang pengalamannya sebagai perwira Kekaisaran Ottoman. Buku itu memuat rincian tentang kekejaman yang dilakukan terhadap orang-orang Armenia oleh pejabat Turki.
  • El saqueo de Nicaragua (1928), judul bahasa Inggris: The Looting of Nicaragua (1928)
  • Memorias de un Soldado de Fortuna (1932), judul bahasa Inggris: Memoirs of a Soldier of Fortune (1932)
  • Silk Hat and Spurs (1934, asli dalam bahasa Inggris), dengan prolog oleh Field Marshal Edmund Allenby, yang menggambarkannya sebagai "musuh yang berani, dan sekarang menjadi teman yang dapat dipercaya".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Mann, Michael (2005). The Dark Side of Democracy: Explaining Ethnic Cleansing. Cambridge University Press. hlm. 154. ISBN 978-0-52183130-7. I was thoroughly disgusted and disheartened by the numerous and utterly unjustified massacres of the Christians, committed, if not at the direct instance, at least through the complaisance of the Commander-in-Chief of our Expeditionary Army, Khalil Bey. 
  2. ^ Lee, Rafael de Nogales; translated from the Spanish by Muna (2003). Four years beneath the crescent. London: Sterndale Classics. ISBN 1903656192. 
  3. ^ Lee, Rafael de Nogales; translated from the Spanish by Muna (2003). Four years beneath the crescent. London: Sterndale Classics. ISBN 1903656192. 
  4. ^ Herrera, Hayden (2003). Arshile Gorky: his life and work (edisi ke-1st). New Yorh: Farrar, Straus and Giroux. hlm. 63–4. ISBN 0374529728. 
  5. ^ WAR ECHOES. Venezuelan's Turkish Reminiscences: Present Customs Minister Aided, The Telegraph, Brisbane, 12 January 1934, p. 3