Radio Edukasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Radio Edukasi
KotaBantul
Wilayah siarDaerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya
SloganCerdas, Santun dan Menghibur
Frekuensi1251 AM
FormatPendidikan
PemilikBalai Pengembangan Media Radio Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI
Stasiun kembarSuara Edukasi
Situs webbbgpdiy.kemdikbud.go.id/radioedukasi

Radio Edukasi adalah sebuah stasiun radio yang dimiliki oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Saluran radio ini menyajikan komposisi acara pendidikan (baik formal maupun nonformal) berupa berita pendidikan, acara hiburan, dan pendidikan. Radio edukasi mengudara pada frekuensi 1251 AM pada pukul 12:25 sampai 19:30 WIB. Slogan dari radio edukasi adalah cerdas, santun dan menghibur. Studionya berada di BPMRP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jl. Sorowajan Baru 367 Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198, dengan telepon/faksimile (0274) 484287, 484872.

BPMRP memiliki tugas untuk melaksanakan pengkajian dan pengembangan media radio untuk pendidikan. Di sisi lain, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan juga memiliki fungsi untuk mengkaji, merancang, membuat model, mengelola sarana dan peralatan, serta memfasilitasi pengembangan model dan pemanfaatan media radio untuk pendidikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Radio Edukasi (RE) berdiri pada tanggal 11 September 1980 berdasarkan Kepmendikbud Nomor 222g/O/1980 dengan nama BPMR Yogyakarta (Balai Produksi Media Radio). Kemudian sejak tanggal 18 Juli 2003, berdasarkan kepmendiknas Nomor 103/O/2003 bertambah fungsi menjadi BPMR Yogyakarta (Balai Pengembangan Media Radio) dan pada akhirnya pada tanggal 17 April 2012 berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2012 berubah nama menjadi BPMRP (Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan).

Susunan Organisasi[sunting | sunting sumber]

Di dalam Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP) terdapat susunan organisasi yang terdiri atas:

Kepala[sunting | sunting sumber]

Dengan tugas tanggung jawab pada kepala pusat teknologi informasi dan komunikasi pendidikan.

Subbagian Tata Usaha[sunting | sunting sumber]

Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, persuratan dan kearsipan, barang milik negara, dan kerumahtanggaan BPMRP.

Seksi Pengkajian dan Perancangan[sunting | sunting sumber]

Seksi Pengkajian dan Perancangan mempunyai tugas untuk melakukan pengkajian dan perancangan serta memfasilitasi pengembangan model dan pemanfaatan media radio untuk pendidikan.

Seksi Produksi Model[sunting | sunting sumber]

Seksi Produksi Model mempunyai tugas untuk melakukan pembuatan model media radio bagi pendidikan dan pengelolaan sarana dan peralatan media radio untuk pendidikan.

Kelompok Jabatan Fungsional[sunting | sunting sumber]

Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas untuk melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Variasi Siaran[sunting | sunting sumber]

Media Audio Penunjang Pembelajaran (MAPP)[sunting | sunting sumber]

MAPP merupakan rekaman suara dalam kaset maupun CD (Compact Disc), atau lainnya yang berisi tentang materi auditif pembelajaran/pendidikan untuk berbagai jenis, jenjang, dan bentuk pendidikan.

Media Audio Pendidikan Kreatif (MAPK)[sunting | sunting sumber]

MAPK merupakan rekaman suara dalam kaset maupun CD, atau lainnya yang berisi materi auditif-kreatif pembelajaran untuk berbagai jenis, jenjang, dan bentuk pendidikan, yang terintegrasi atau dilengkapi dengan bahan penunjang.

Media Audio Pendidikan Anak Usia Dini (MAPAUD)[sunting | sunting sumber]

MAPAUD merupakan rekaman suara dalam kaset maupun CD, atau lainnya yang berisi materi auditif-kreatif pembelajaran/ pendidikan untuk Anak Usia Dini yang menerapkan prinsip ”belajar sambil bermain” atau “bermain sambil belajar” secara interaktif, melalui kegiatan bermain, menyanyi, dan bercerita. Hal tersebut memungkinkan anak-anak saling berinteraksi baik dengan teman maupun pendidik, bahkan dengan tokoh-tokoh dalam rekaman audionya.

Media Audio Jelang Ujian Nasional Untuk Tuna Netra (MAJUNETRA)[sunting | sunting sumber]

MAJUNETRA merupakan rekaman suara dalam kaset maupun CD, atau lainnya yang berisi materi bahasan dan kumpulan soal-soal sebagai bahan belajar dalam persiapan menghadapi ujian nasional bagi siswa tuna netra.

English Audio Dictionary (EAD)[sunting | sunting sumber]

EAD merupakan media audio yang berisi materi yang biasa dipakai dalam percakapan umum. Keunggulan program ini ialah penutur asli dan pengkajiannya melibatkan orang asing sehingga menjadi natural.

Kisah Tokoh[sunting | sunting sumber]

Kisah Tokoh merupakan program audio yang mengenalkan tokoh pahlawan nasional dan orang-orang sukses di Indonesia yang di dalamnya juga terdapat format fitur biografi, seperti biografi dari Pangeran Diponegoro (sebagai tokoh pahlawan nasional) atau seperti Bob Sadino (sebagai orang sukses di Indonesia).

Dongeng Anak Nusantara[sunting | sunting sumber]

Acara ini berisi tentang dongeng anak nusantara seperti dogeng kancil dan buaya. Dongeng anak dan dongeng legenda di Nusantara dahulu kala digunakan sebagai media penyampaian petuah, nasihat, dan segala macam nilai-nilai luhur tentang kehidupan oleh orang tua pada anak-anaknya, guru pada murid-muridnya, atau orang-orang bijak yang dianggap bertuah pada masyarakat di zamannya.

RE Musisi[sunting | sunting sumber]

RE Musisi mengupas latar belakang pendidikan formal maupun non formal dari musisi yang akan diceritakan kisahnya mengenai perjalanan karier seorang musisi tersebut, contohnya yaitu perjalanan karier dari musisi Iwan Fals dan lain sebagainya.

Risalah Nabi Dan Sahabat[sunting | sunting sumber]

Berisi tentang berbagai risalah dan teladan hidup yang diberikan para Nabi dan sahabat-sahabat sebagai suri teladan yang dapat ditiru di dalam kehidupan sebagai manusia.

Ensiklopedi Populer[sunting | sunting sumber]

Di dalam program Ensiklopedi Populer, kita dapat mengetahui bagaimana cara hewan dapat hidup di dunia ini.

Kata Mutiara[sunting | sunting sumber]

Kata Mutiara merupakan sebuah program acara yang berisi tentang kata-kata bijak dari tokoh-tokoh lokal, nasional, maupun internasional.

Telusur Jogja[sunting | sunting sumber]

Sebuah program acara yang memberikan informasi tentang ruas-ruas jalan dan kawasan di Yogyakarta yang mempunyai nilai sejarah. Puluhan ruas jalan dan kawasan, seperti Jalan Malioboro, Jalan Taman Siswa, Tugu Putih, Kotagede, dan masih banyak lagi, telah tersingkap kandungan sejarahnya dalam Telusur Yogya.

RE Jalan-Jalan Sore (JJS)[sunting | sunting sumber]

Yogyakarta, lekat dengan sebutan sebagai kota wisata dan kota budaya. Di Yogya terdapat banyak lokasi untuk dikunjungi. Tidak hanya karena keindahan alamnya, juga kekayaan budaya dan sejarahnya sangat menarik untuk dipelajari. RE JJS (Jalan-Jalan Sore) menampilkan keeksotisan kawasan wisata, budaya, kesenian, dan kuliner yang ada di Yogyakarta.

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi juga semakin canggih untuk membantu dan mempermudah hidup kita. Adanya media radio edukasi yang merupakan suatu perkembangan baru dapat memberi nuansa positif dalam penyebarluasan informasi pendidikan. Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang program pendidikan juga akan meningkatkan kemauan masyarakat untuk terlibat aktif dalam menyukseskan program-program pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah. Secara sederhana dapat diketahui bahwa program siaran pendidikan dari media radio akan memberi pembelajaran kepada masyarakat pendengar yang pada akhirnya akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat. Mereka juga dapat mengetahui berbagai informasi dari dalam negeri seperti bermacam-macam dongeng nusantara dan kebudayaan masyarakat Indonesia.

Radio edukasi juga memuat berbagai pembelajaran di dalamnya yang dapat kita lihat dalam variasi siaran seperti: English audio dictionary, media audio penunjang pembelajaran, media audio penunjang kreatif, media audio pendidikan anak usia dini, media audio jelang ujian nasional untuk tuna netra dan lain sebagainya. Di dalam radio edukasi juga terdapat nilai spiritual yang di dalamnya menyajikan pengetahuan tentang risalah Nabi dan Sahabatnya.

Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Radio edukasi (RE) memiliki kekurangan yaitu hanya dapat mengudara mulai pukul 09:00 sampai 19:30 WIB, berbeda dengan kebanyakan radio lainnya yang dapat mengudara dalam waktu yang relatif lebih lama. Selain itu karena radio ini terletak pada frekuensi AM (Amplitude Modulation) yaitu pada frekuensi AM 1251 KHz maka lebih mudah untuk timbul gangguan atau yang dapat disebut juga sebagai noise yang dapat mempengaruhi pada kejernihan informasi yang dibawa oleh gelombang AM. Hal tersebut disebabkan oleh pengaruh lapisan ionosfer terhadap gelombang AM tersebut. Di sisi lain radio edukasi (RE) berada pada saluran frekuensi AM, sedangkan dewasa ini kebanyakan radio menggunakan frekuensi FM (Frequency Modulation). Tentunya hal ini menyebabkan radio ini kurang dapat dijangkau dan didengar oleh masyarakat luas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Straubhaar, Joseph, LaRose, Robert, & Davenport, Lucinda (2010).Media Now: Understanding Media, Culture and Technology, 6th edition, Belmont, CA:Wadsworth (page 264 about ELECTRONIC PUBLISHING)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]