RV Mirai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

RV Mirai (sebelumnya Mutsu) adalah kapal penelitian oseanografi Jepang. Dia awalnya dibangun sebagai kapal kargo umum bertenaga nuklir Mutsu, tetapi tidak pernah membawa kargo komersial.[1][2][3][1][4][5]

Reaktor selesai pada 25 Agustus 1972, dan bahan bakar dimuat pada 4 September. Ketika para pejabat mengumumkan bahwa uji coba pertama akan dilakukan di dermaga di minato, protes lokal memaksa mereka untuk mempertimbangkan kembali. Akhirnya diputuskan untuk menguji kapal di laut terbuka, 800 kilometer (430 nmi) timur Tanjung Shiriya. Kapal berangkat dari minato pada 26 Agustus 1974, dan reaktor mencapai kritis pada 28 Agustus.

Setelah melepas reaktor pada tahun 1995 dan mendekontaminasi kapal, Mutsu dibangun kembali sebagai kapal observasi laut Mirai.

Ruang reaktor, ruang kendali, jembatan, haluan, dan baling-baling diubah menjadi museum dan dibuka untuk umum di Museum Sains Mutsu. Pengunjung dapat berinteraksi dengan kontrol di ruang kontrol dan melihat bejana reaktor melalui beberapa port penglihatan. Bahan nuklir dari kapal disimpan di seberang jalan dari museum di fasilitas yang dioperasikan oleh Badan Energi Atom Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]