Pulau Um, Sorong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pulau Um adalah salah satu pulau kecil yang berada di Desa Malaumkarta, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Pulau ini berseberangan langsung dengan Pantai Malaumkarta, yang berada di bagian utara Kota Sorong dan berada di kawasan teluk Dore, yang merupakan sebuah teluk yang berada di Distrik Makbon. Jarak yang ditempuh menuju Pulau Um dari Kampung Malaumkarta ± 10 km dalam waktu 30 menit menggunakan long boat, sedangkan untuk sampai ke Kampung Malaumkarta dari kota Sorong jarak yang ditempuh ± 40 km dalam waktu 2 - 3 jam menggunakan mobil, motor atau angkutan kota.

Pulau Um merupakan pulau yang tidak berpenghuni, kata "Um" sendiri berasal dari bahasa Moi yang artinya kelelawar sehingga Pulau Um juga dikenal dengan Pulau kelelawar. Hal ini disebabkan karena pada waktu siang hari pulau ini menyajikan pemandangan Kelelawar yang tidur bergelantungan di pepohonan.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Kelelawar di pepohonan pada waktu siang dan digantikan Burung Camar pada waktu malam menjadi daya tarik dan keunikan dari pulau ini, putihnya pasir pantai yang memanjakan mata dan panorama bawah laut seperti keindahan terumbu karang, ikan hias yang dapat dinikmati dengan melakukan diving ataupun snorkeling menjadikan Pulau Um sebagai salah satu tempat wisata bahari yang sangat berpotensi di Kota Sorong. Hal ini juga didukung oleh Sisi budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat di Desa Malaumkarta.