Pulau Saint Brendan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
lokasi Pulau Saint Brendan pada peta.

Pulau Saint Brendan atau Pulau San Borondón (kadang disingkat St Brendan) juga dikenal sebagai Pulau Kedelapan merupakan Pulau hantu yang terletak di Kepulauan Canary. Pulau ini dinamai berdasarkan Saint Brendan dari Clonfert , seorang biarawan Irlandia, yang menurut naskah kuno abad ke-9 dan abad ke-10, melakukan perjalanan melintasi Samudra Atlantik bersama para biarawan lainnya. Terkadang, hidupnya diatur hingga lima abad sebelumnya. Di salah satu perjalanannya yang sangat menakjubkan, ia berhenti di sebuah pulau dekat Kepulauan Canary. Saat kapal mendekatinya, permukaan pulau hilang ke permukaan air (yang ditafsirkan oleh banyak orang sebagai pulau yang dianggap lebih dari bagian belakang paus). Kisahnya yang direkam berabad-abad kemudian dalam sebuah buku yang ditulis dengan kata Latin, akan banyak membangkitkan minat banyak penjelajah yang ingin menemukan pulau yang aneh dan ajaib ini.

Ini adalah alasan mengapa nama biksu ini mulai dikaitkan dengan nama pulau hantu yang konon terletak di lepas pantai Kepulauan Canary dan Madeira. Kadang-kadang dikenal sebagai Saint Blondón atau Saint Bolondrón, dan, di Eropa, sebagai Saint Brendan's Isle, pulau hantu ini memiliki kekhasan aneh muncul dan menghilang seiring waktu.

Menurut beberapa kronik, lokasi Saint Brendan akan berada pada 10 derajat 10 menit garis bujur dan pada 29 derajat 30 menit garis bujur, pada 100 mil dari pulau El Hierro dan 40 mil dari La Palma.[1]

Referesi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ horoscope, Magic (2019-08-26). "Saint Brendan: The Ghost Island Of San Borondón". Magic horoscope (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-16. Diakses tanggal 2019-10-16. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]