Provinsi Batman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini mengenai Provinsi Batman di Turki. Untuk kegunaan lain silakan melihat: Batman (disambiguasi).
Lokasi Provinsi Batman

Batman adalah sebuah provinsi Turki yang terletak di sisi tenggara Anatolia. Sungai Batman mengalir melalui wilayah ini. Provinsi ini penting karena muatan reserve minyak buminya. Kilang minyak pertama didirikan pada tahun 1955. Dari Batman ada pipa minyak ke Iskenderun sepanjang 494 kilometer. Katun merupakan komoditas dagang utama pertanian di daerah ini. Sebuah rel kereta api menghubungkan Batman dengan Diyarbakır dan Elazığ. Nama Batman ini sejatinya adalah kependekan dari pegunungan Bati Raman dan tidak ada hubungannya dengan tokoh komik Batman.

Ibu kota provinsi ini adalah Batman (penduduk 266.100 jiwa). Daerah ini terutama dihuni oleh bangsa Kurdi. Provinsi ini memiliki penduduk sebesar 506.983 jiwa (2005) dan luas wilayahnya adalah 4.700 km².

Provinsi ini juga menarik dari titik pandang arkeologi. Pemandangan menarik lainnya termasuk biara Dervish Imam Abdullah dan jembatan Camiü‘r Rızk dan Hasankeyf.

Ancaman dan tindakan hukum[sunting | sunting sumber]

Papan nama provinsi Batman, Turki.

Seorang wali kota di sebelah tenggara Turki bernama Huseyin Kalkan, yang juga seorang anggota Partai Sosial Demokrasi pro-Kurdish, telah menuntut pihak Warner Bros. dan Christopher Nolan untuk mendapatkan royalti dari film berpendapatan besar "The Dark Knight". Menurutnya, produser telah menggunakan nama kotanya tanpa izin.

"Hanya ada satu Batman di dunia ini," kata Kalkan. "Produser Amerika telah menggunakan nama kota kami tanpa mengabarkan kepada kami." Tiada satu orang pun di kota Batman yang menjelaskan, mengapa butuh bertahun-tahun hanya untuk mengambil langkah hukum, sejak pertama kali Batman muncul dalam sebuah karakter komik ditahun 1939 dan serial televisi the "Batman" yang dimulai pada tahun 1966. Film layar lebar pertama Tim Burton untuk Warner Bros. keluar pada tahun 1989. Tanpa disangkal lagi secara fakta bahwa film "The Dark Knight" telah melewati $1 billion di Box Office, hal ini sangat berperan dalam membuat kemarahan sebuah kota kecil di Turki."[1]


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walikota Batman menuntut Warner Brothers dan Christopher Nolan di Variety.com

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]