Hasankeyf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hasankeyf
Negara Turki
TurkiAnatolia Tenggara
ProvinsiProvinsi Batman
Luas
 • Total320 km2 (120 sq mi)
Populasi
 (2000)
 • Total7.464
 • Kepadatan23,3/km2 (600/sq mi)
Zona waktuUTC+2 (EET)
 • Musim panas (DST)UTC+3 (EEST)
Poskod
72xxx
Kode area telepon+(90)488
Situs webwww.yerelnet.org.tr

Hasankeyf (bahasa Yunani: Kiphas; Turkish: Hasankeyf Latin: Cepha; Arab: Hisn Kayfa )adalah sebuah kota kuno yang terletak di sepanjang Sungai Tigris di Provinsi Batman, tenggara Turki.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Hasankeyf pertama didirikan pada abad-abad pertama era Kristen. Tempat ini berada di antara perbatasan wilayah Romawi dengan Persia Sassania . Oleh karena itu kota ini sering berubah penguasanya. Mungkin segera setelah 363 Ostrom, benteng perbatasan dibangun di sini, yang harus mengontrol Tigrisübergang: Mereka disebut tempat Kiphas dan mampu menangkis sebagian besar Sassanids, hanya 608 yang dikelola di bawah Khosrow II, yang terjadi, mereka memberikan kembali 630 ke Roma. Pada tahun 638, dalam perjalanan ekspansi Islam, kemudian menaklukkan Arab ke situs. Sejak saat itu, hidup orang Kristen dari daerah di bawah kekuasaan raja Islam, pertama di bawah Bani Umayyah, kemudian di bawah Abbasiyah . Para Hamdani memerintah di sini tahun 906-990, dan setelah mereka Kurdi Marwaniden dari tahun 990-1096.

Dari 1101 merupakan salah satu Hasankeyf Artukiden diperpanjang ke pusat. Para Orang Turki datang seorang jenderal dari Seldschukenherrschers Malik Shah I. dari. Mereka memerintah sampai 1232 dan adalah pejabat politik yang aktif dan memperluas kota. Mereka membangun sebuah madrasah, saluran air, kastil, dan jembatan di atas Sungai Tigris.

1232 kota ini jatuh ke Ayyubiyah . Tahun 1260 kota ini diserang oleh Mongol . Chülegü Hasankeyf terhindar ketika ia mendengar bahwa penguasa adalah sebuah Ayyubide. 1301 adalah tentang Chülegüs anak Ghazan kota. Setelah kehancuran kota dibangun kembali Ayyubiyah lagi. Banyak bangunan tanggal dari periode ini. Dari tengah tanggal 15 Pengembangan Century telah mengalami stagnasi. Dari 1461-1482 memerintah Akkoyunlar . Para Hasankeyf Ayyubiyah menang lagi, tapi kemudian berada di bawah tekanan dari Safawi . 1515 memenangkan Ottoman daerah ini, meninggalkan pengelolaan kota Ayyubiyah. Ini adalah strategi Sultan, untuk memenangkan Kurdi penguasa lokal terhadap Safawi. Aturan Ottoman pada tahun 1524 dan berakhir Ayyubiyah melanda Hasankeyf provinsi Diyarbakir. Pada tanggal 16 Century telah memiliki kota di 10.000 jiwa, di antaranya 60% adalah Kristen. Pada saat itu, yang termasuk Hasankeyf daerah tetapi lebih besar dan termasuk semua Batman, Siirt dan bagian dari Mardin . Seiring waktu, Hasankeyf kehilangan lebih dan lebih dalam ukuran dan pentingnya, terus Kurdi, bagaimanapun, status tempat perlindungan atau warisan nasional. Selama genosida orang Armenia 1915-1917 Hasankeyf adalah pemusnahan penting, rute deportasi karena tidak menyeberang. Populasi menurun secara dramatis dalam 20 sampai 30 tahun terakhir.