Prokopius Dzhaparidze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Prokopius Aprasionovich Dzhaparidze atau Japaridze (lahir 15 Januari 1880 – meninggal 20 September 1918 pada umur 38 tahun) adalah aktivis komunis Georgia, salah satu pemimpin tentara Merah dan partai Bolshevik di Azerbaijan selama Revolusi Rusia.

Ia bersekolah di Institut Perguruan Aleksandrovsk di Tbilisi. Dzhaparidze bergabung dengan Partai Pekerja Sosial Demokrat Rusia tahun 1898. Ia adalah salah satu pendiri organisasi Gummet, mendirikan kerja politik di antara Muslim, yang berkembang menjadi organisasi besar, membuat banyak orang Muslim berada di belakang Bolshevik.

Setelah revolusi Februari tahun 1917, Dzhaparidze adalah anggota komite Baku partai Bolshevik . Sebagai utusan pada kongres ke-6 partai Bolshevik, ia terpilih sebagai anggota kandidat Komite Pusat, dan menjadi anggota Komite Perbatasan Kaukasia.

Selama Maret, Dzhaparidze adalah anggota Komite Pertahanan Revolusionaris yang menahan pemberontakan di Baku; dari April, ia adalah Sovnarkom untuk urusan internal di Baku, dan, dari Juni, ia juga menjadi Sovnarkom untuk makanan.

Pada tanggal 20 September 1918, ia adalah salah satu 26 Komisaris Baku yang ditembak oleh tentara Putih dari Kediktatoran Kaspia Sentro.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]