Pringsewu, Pringsewu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pringsewu
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Lampung
Kabupaten Pringsewu
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 50,37 km²
Jumlah penduduk 76.082 jiwa (2010)
Kepadatan 1.510 jiwa/km²
Desa/kelurahan 15

Pringsewu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pringsewu, provinsi Lampung, Indonesia. Pringsewu juga merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Pringsewu.

Pringsewu sejak dahulu dikenal sebagai "kota pendidikan" di Lampung bagian selatan, karena sejak dahulu di kota ini telah terdapat jenjang pendidikan yang lengkap, sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori penyelenggara even tingkat nasional yang berhasil menggelar kolaborasi antara Gebyar Seni Budaya KB Nusantara yang diikuti sebanyak 33 provinsi dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang 3 bupati sekaligus.

Penghargaan ini diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Ir.H.Masdulhaq dari perwakilan Museum Rekor Indonesia saat acara pagelaran wayang kulit spektakuler di halaman Pendopo Kabupaten Pringsewu, Jumat (2/10) malam.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Dr.Sugiri Syarif MPA, serta ketiga bupati yang menjadi dalang dan sinden dalam pagelaran acara tersebut, yakni Bupati Wonogiri H.Begug Poernomosidi, Bupati Sragen H.Untung Wiyono, serta Bupati Karanganyar Hj.Rina Iriani Ratnaningsih.

Kolaborasi Seni Budaya KB Nusantara yang diikuti sebanyak 33 provinsi seluruh Indonesia dan Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler dengan 3 dalang bupati yang masih aktif ini, merupakan yang pertama kali terjadi di Indonesia bahkan di dunia.

Khusus untuk Pagelaran Wayang Kulit Spektakuler dengan lakon (judul) Wahyu Makutoromo ini, Bupati Wonogiri H.Begug Poernomosidi dan Bupati Sragen H.Untung Wiyono, bahkan membawa lengkap seluruh set peralatan wayang dari daerahnya, serta Bupati Karanganyar Hj.Rina Iriani juga menerjunkan sebanyak 50 sinden dari Kabupaten Karanganyar.

Selain dalam memeriahkan acara Program Revitaliasi KB Tingkat Nasional, pagelaran wayang kulit spektakuler ini juga dimaksudkan dalam rangka syukuran berdirinya Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung, yang disiarkan oleh sejumlah stasiun TV Nasional, serta disiarkan secara langsung (Live) oleh 3 stasiun radio swasta di Kota Pringsewu.

Dari hasil perlombaan Seni Budaya KB Nusantara yang digelar mulai tanggal 1 Oktober lalu, berhasil terpilih 6 provinsi yang menjadi pemenang, yaitu masing-masing untuk Juara Umum (juara 1) diraih kontingen Provinsi Jawa Barat, Juara ke-2 Provinsi DI Yogyakarta, serta Juara 3 diraih Provinsi Bali. Kemudian untuk kategori Juara Harapan 1 berhasil diraih Provinsi Jawa Timur, Juara Harapan ke-2 diraih Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), serta Juara Harapan 3 diraih oleh Provinsi Lampung.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Fajaresuk
  2. Pringsewu Utara
  3. Pringsewu Selatan
  4. Pringsewu Barat
  5. Pringsewu Timur
  6. Margakaya
  7. Waluyojati
  8. Sidoharjo
  9. Podomoro
  10. Bumi Arum
  11. Fajar Agung
  12. Rejo Sari
  13. Bumi Ayu
  14. Fajar Agung Barat
  15. Podosari
  16. Sukoharjo