Presiden Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Presiden
Republik Arab Mesir
Presidential Standard of Egypt.svg
Lambang Kepresidenan
Petahana
Mohamed Morsy

sejak 4 Juli 2013
Kediaman Heliopolis Palace, Kairo, Mesir
Masa jabatan 4 tahun, dipilih kembali
Pemegang perdana Muhammad Naguib
18 Juni 1953
Gaji $48,000 per tahun[1]
Situs web www.presidency.gov.eg

Presiden Republik Arab Mesir adalah kepala negara Mesir. Di bawah Konstitusi Mesir, presiden juga panglima tertinggi angkatan bersenjata dan kepala cabang eksekutif pemerintahan Mesir. Presiden pertama Mesir adalah Muhammad Naguib, salah satu pemimpin Mesir Revolusi tahun 1952, yang menjabat pada tanggal 18 Juni 1953, hari dimana Mesir dideklarasikan sebagai negara republik.

Setelah Revolusi Mesir 2011, Hosni Mubarak yang menjabat selama 14 Oktober 1981 hingga 11 Februari 2011 dipaksa untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Pada 10 Februari 2011, Mubarak menyerahkan kekuasaan presiden kepada Wakil Presiden Omar Suleiman, sehingga menjadikan Suleiman sebagai presiden de facto.[2] Setelah pengunduran diri Mubarak, posisi Presiden Mesir secara resmi kosong dan Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata pimpinan Field Marshal Mohamed Hussein Tantawi mengontrol penuh kekuasaan eksekutif.[3] Pada 30 Juni 2012, Mohamed Morsi dilantik sebagai Presiden Mesir, setelah memenangkan pemilu presiden Mesir 2012 pada 24 Juni.[4]

Kekuasaan Presiden[sunting | sunting sumber]

Di bawah sistem yang diciptakan pada tahun 1980 oleh amandemen konstitusi, presiden adalah figur pimpinan eksekutif yang disebut dengan Perdana Menteri Mesir. Selama darurat militer, presiden juga mengurapi dekan fakultas dan jurusan, dan juga dapat mendaftar atau menyingkirkan orang-orang di sektor swasta. Mesir telah berada dalam darurat militer sejak tahun 1981.

Persyaratan untuk Meraih Jabatan[sunting | sunting sumber]

Pasal 75 dari Konstitusi Mesir menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi presiden. Presiden republik harus menjadi warga negara Mesir, yang lahir dari orangtua Mesir dan memiliki hak-hak sipil dan politik penuh. Usia presiden tidak boleh kurang dari 40 tahun.

Pemilihan Umum[sunting | sunting sumber]

Prosedur pemilihan yang diambil sebelum akhir masa presiden yang sedang menjabat (incumbent) dengan 60 hari.

Pencalonan[sunting | sunting sumber]

Persyaratan tambahan yang ditetapkan dalam Pasal 76 dari konstitusi Mesir mengenai calon kantor presiden.

  • Calon sudah harus menduduki salah satu posisi kepemimpinan puncak di partai mereka untuk jangka waktu satu tahun.
  • Kandidat partai politik harus telah ditetapkan untuk jangka waktu lima tahun, dan berhasil menang 3% dari kursi di Majelis Rakyat (majelis rendah parlemen), dan 5% di Dewan Shora (majelis tinggi).
  • Kandidat Independen harus menerima dukungan dari 250 anggota yang dipilih dari badan perwakilan Mesir (sekitar 6,5% dari total 3847 perwakilan), dimana minimal 65 dukungan yang akan diperoleh dari Majelis Rakyat (yang merupakan 14%), 25 dukungan dari Dewan Syura (juga 14%) dan 10 dukungan Dewan lokal dari 14 governorat (4,5%) untuk memastikan keterwakilan geografis.

Prosedur Pemilihan[sunting | sunting sumber]

Sistem Lama[sunting | sunting sumber]

Presidential Standard, 1972–1984

Sebelum amandemen Konstitusi Mesir 1971 pada tahun 1980, presiden republik dipilih langsung dalam sistem dua tahap yang unik. Majelis Rakyat, majelis rendah Parlemen mencalonkan salah satu dari sejumlah calon presiden. Para calon presiden memerlukan setidaknya dua pertiga mayoritas di Majelis Rakyat dalam rangka untuk melanjutkan ke tahap kedua pemilu.

Pengunduran Diri[sunting | sunting sumber]

Presiden dapat mengundurkan diri dengan mengajukan pengunduran dirinya kepada Majelis Rakyat.[butuh rujukan]

Presiden Gamal Abdel Nasser mengajukan pengunduran diri setelah Mesir mengalami kekalahan pada tahun 1967 ketika berperang dengan Israel, sebelum kembali menjabat setelah demonstrasi massal oleh masyarakat Mesir.[5] Presiden Mubarak juga mengundurkan diri pada tanggal 11 Februari 2011 setelah protes 18 hari terhadap rezimnya.

Kediaman Resmi[sunting | sunting sumber]

Kediaman resmi dan kantor presiden adalah Abdeen Palace, di Kairo Old, Kairo. Istana presiden lainnya termasuk :

perlunya sistem pemilihan yng mana majelis rendah dan majelis tinggi

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.masrawy.com/News/reports/2012/june/21/5123880.aspx
  2. ^ "Egypt crisis: Army in pledge to end state of emergency". BBC News. 11 February 2011. Diakses 11 February 2011. 
  3. ^ "Egypt's Mubarak resigns as leader". BBC News. 11 February 2011. Diakses 11 February 2011. 
  4. ^ "Muslim Brotherhood's Morsi becomes Egypt's first civilian president". The Christian Science Monitor. 24 June 2012. 
  5. ^ Aburish, Said. Nasser: The Last Arab. St. Martin's Press, 2004. pp.268–269}}

Pranala luar[sunting | sunting sumber]