Pregiwati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dewi Pregiwati atau Endang Pregiwati adalah nama tokoh dalam pertunjukan wayang di Jawa. Tokoh ini merupakan ciptaan pujangga Jawa, yang disisipkan ke dalam cerita Mahabharata karya Kresna Dwaipayana Byasa dari India. Dalam naskah wiracarita Mahabharata yang berbahasa Sanskerta tidak ditemukan adanya nama dan kisah tentang Pregiwati; tokoh ini hanya muncul dalam Mahabharata versi wayang Jawa.

Dalam kisah pewayangan, diceritakan bahwa ia adalah putri Arjuna (putra Prabu Pandu raja negara Astina dari permaisuri Dewi Kunti), dengan Dewi Manuhara, putri Begawan Sidik Wacana dari pertapaan Andong Sumiwi (tokoh tambahan yang tidak ada dalam naskah Mahabharata dari India). Ia mempunyai saudara kandung yang merupakan kakak kembarnya bernama Endang Pregiwa. Pregiwati juga mempunyai 12 orang saudara lain ibu, bernama; Abimanyu, Sumitra, Bratalaras, Irawan, Kumaladewa, Kumalasakti, Wilugangga, Prabakusuma (Priyambada), Wijanarka, Antakadewa dan Sumbada.

Sejak kecil Endang Pregiwati dan kakaknya, Pregiwa tinggal di pertapaan Andong Sumiwi bersama ibu dan kakeknya. Baru setelah remaja ia dan Pregiwa pergi ke Madukara untuk menemui ayahnya, Arjuna.

Pregiwati memiliki sifat dan perwatakan; setia, jujur, sabar dan jatmika (selalu dengan sopan santun), menarik hati/merakati dan mudah tersinggung. Pregiwati menikah dengan Raden Pancawala, putra Prabu Puntadewa, raja negara Amarta dengan Dewi Drupadi yang berarti masih saudara sepupu sendiri