Pramutama bar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seorang bartender

Pramutama bar (bahasa Inggris: bartender, barman, barkeep, barmaid, barkeeper, barperson, bar attendant) adalah orang yang meracik dan menyajikan minuman beralkohol untuk tamu di konter bar. Minuman beralkohol yang disajikan antara lain koktail, anggur, likeur, dan bir. Tempat-tempat minum seperti pub, tavern, dan kelab malam juga sering mempekerjakan pramutama bar.

Seorang pramutama bar diharapkan mampu menyiapkan minuman koktail klasik, misalnya: Cosmopolitan, Manhattan, Old Fashioned, dan Mojito. Sebelum menyajikan minuman, ia juga perlu memastikan tamu yang disajikan minuman olehnya sudah cukup usia secara hukum untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Ia juga menjaga agar tamu tidak mabuk, dan menolak menyajikan minuman untuk tamu yang telah mengonsumsi terlalu banyak alkohol.

Selain melayani minuman, pramutama bar bertanggung jawab mengelola pasokan minuman, inventaris barang, mencuci gelas minuman dan membereskan peralatan bar, serta menyiapkan es dan garnis minuman. Ia juga sering bertindak sebagai kasir yang menerima pembayaran dari minuman yang telah dikonsumsi. Di negara-negara yang mengenal uang tip, pramutama bar hanya menerima upah minimum, dan penghasilannya bergantung pada uang tip.[1] Bila bar juga menjual makanan, ia juga menghidangkan makanan teman minum kepada tamu.

Seorang pramutama bar diharapkan berpakaian rapi sesuai dengan suasana bar tempatnya bekerja. Di bar berukuran kecil seperti sebuah tavern, ia dapat menjadi seorang pengamat, penghibur, sekaligus pendengar yang baik untuk keluhan dan percakapan dari tamu. Ia juga diharapkan dapat mengingat minuman favorit pelanggan bar dan menyarankan minuman yang sesuai untuk tamu.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bartender Tips, Tricks and Drink Recipes. hlm. 9. Diakses 2013-03-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]