Portal:Lady Gaga/Selected album/2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Fame Monster (digayakan sebagai The Fame Mons†er) adalah album studio kedua oleh Amerika artis rakaman Lady Gaga, dirilis pada 18 November, 2009. Delapan lagu album awalnya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari rilis ulang dari album debut Gaga The Fame. Namun, Gaga mengumumkan bahwa lagu baru akan tersedia sebagai album berdiri sendiri, karena ia berpikir kembali merilis terlalu mahal dan bahwa, sebagai potongan mewakili tubuh konseptual dan musik terpisah dari pekerjaan, tidak perlu lagu-lagu The Fame untuk mendukungnya. Sebuah paket Super Deluxe The Fame Monster berisi dua rilis dirilis pada tanggal 15 Desember 2009.

Albumnya berurusan dengan sisi gelap dari ketenaran, seperti pengalaman pribadi saat ia berkeliling dunia, diungkapkan melalui metafora monster. Gaga membandingkan nuansa album debutnya dan The Fame Monster dengan konsep Yin dan Yang. Cover album dilakukan oleh Hedi Slimane dan memiliki tampilan gothic yang gaga harus meyakinkan perusahaan rekaman dia untuk memungkinkan dia untuk menembak. Komposisi mengambil inspirasi dari musik Gothic dan fashion show. Kritikus kontemporer memberikan review positif dari album, dengan mayoritas dari mereka memuji lagu "Bad Romance", "Telephone", dan "Dance in the Dark".

Di beberapa negara, album naik di tangga album bersama-sama dengan The Fame sementara di lain seperti Amerika Serikat, Kanada dan Jepang, mereka berada di tangga album sebagai album terpisah. Album telah mencapai sepuluh besar di sebagian besar pasar utama. "Bad Romance" dirilis sebagai singel pertama album, topping Kanada, Inggris dan Irlandia grafik, sementara mencapai nomor dua di Australia, Amerika Serikat dan Swedia. Dia mengumumkan The Monster Ball Tour untuk mendukung album, yang dimulai pada 27 November 2009 dan akan terus sampai Desember 2010.

Baca lebih lanjut...