The Monster Ball Tour

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Monster Ball Tour
Tur oleh Lady Gaga
Mendukung Album The Fame Monster
Tanggal mulai 27 November 2009 (2009-11-27)
Tanggal selesai 6 Mei 2011 (2011-05-06)
Putaran 8
Penampilan 201
Pendapatan $227.4 million
Kronologi tur Lady Gaga
The Fame Ball Tour
(2009)
The Monster Ball Tour
(2009–11)
Born This Way Ball Tour
(2011)

The Monster Ball Tour adalah tur konser kedua oleh artis rekaman Amerika Lady Gaga dalam mendukung album studio kedua, The Fame Monster. Tur resmi diumumkan pada tanggal 15 Oktober 2009, setelah tur konser bersama dengan rapper Kanye West, berjudul Fame Kills, tiba-tiba dibatalkan. Dijelaskan oleh Gaga sebagai "'opera elektro pop' untuk pertama kalinya", Monster Ball dimulai empat hari setelah rilis The Fame Monster. Rapper Kid Cudi dan penyanyi Jason Derülo dikonfirmasi sebagai tindakan yang mendukung untuk leg pertama tur Amerika Utara, sementara Alphabeat band akan mendukung tur Inggris. Virgin Mobile USA dan Virgin Mobile Canada adalah sponsor resmi leg tur Amerika dan Kanada, masing-masing. Tim produksi Gaga Haus of Gaga merancang poster dan tahap konser, termasuk alat raksasa yang disebut "The Orbit".

Gaga dan tim produksi nya mengembangkan tahap yang terlihat seperti bingkai dengan perspektif paksa dan segala sesuatu untuk menunjukkan dipasang di dalamnya. Dia merasa bahwa desain itu akan memungkinkan kontrol kreatifnya. Sejak album ditangani dengan paranoias dihadapi oleh Gaga selama setahun, tema utama acara menjadi evolusi, dengan Gaga menggambarkan pertumbuhan saat acara berlangsung. Dia membandingkan setting panggung dengan sebuah televisi hollowed-out. Elemen dari tur yang dibatalkan dengan Kanye West dikorporasi dalam beberapa bagian. Daftar set tur terdiri dari lagu-lagu dari The Fame Monster serta album debutnya The Fame.

Acara ini dibagi dalam lima segmen dengan yang terakhir encore tersebut. Setiap segmen menampilkan Gaga dalam gaun baru dan diikuti oleh selingan video, menggambarkan Gaga di Gothic dan berseni pose, ke yang berikutnya. Acara dimulai dengan gaga muncul dari balik labirin listrik lampu. Hal ini dilanjutkan dengan piano akustik bermain, menari dengan kostum yang terbuat dari senjata, gigi gaya kepala Cleopatra dan dongeng rambut gaya Rapunzel. Kontemporer kritikus memuji pertunjukan, memuji kemampuan Gaga bernyanyi dan rasa gaya dan fashion. Mereka juga terkesan oleh pompousness dan sandiwara acara, membandingkannya dengan tur artis seperti Madonna.