Port Hope

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sungai Ganaraska di Port Hope

Port Hope adalah munisipalitas di Ontario, Kanada, sekitar 109 km sebelah timur Toronto, dan sekitar 159 km sebelah barat Kingston. Letaknya di pantai utara Danau Ontario di ujung barat Northumberland County. Menurut sensus 2006, jumlah penduduk 16.390 orang. Kota terdekat dari Port Hope (7 km ke timur) adalah Cobourg, Ontario yang berpenduduk 18.210 orang (sensus 2006), dan Hamilton yang berpenduduk 10.972 orang (sensus 2006).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Balai Kota Port Hope

Port Hope menempati wilayah yang oleh penduduk asli disebut Ganaraska, dan sungai yang membelah kota disebut Sungai Ganaraska. Asal kata Ganaraska adalah Ganaraske, sebuah nama perkampungan orang Cayuga yang berada di tempat ini. Pada tahun 1793, kaum Loyalis Kerajaan Bersatu merupakan orang Eropa pertama yang menjadi pemukim permanen di Port Hope. Pada waktu itu, tempat ini disebut Smith's Creek yang namanya diambil dari nama seorang pedagang bulu binatang. Setelah Perang 1812, Kanada menginginkan lebih banyak pemukim dari Britania Raya. Nama tempat ini pun diganti menjadi Port Hope untuk mengenang Letnan Gubernur Quebec, Kolonel Henry Hope. Pada tahun 1834, Port Hope dijadikan sebuah kota.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Pusat kota Port Hope dikenal sebagai daerah tujuan belanja bagi penggemar barang antik. Kota ini memiliki surat kabar harian Port Hope Evening Guide yang merupakan surat kabar grup Osprey Media.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]