Poltava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Poltava (bahasa Ukraina: Полта́ва) ialah kota dan pusat oblast di Provinsi Poltava di Ukraina tengah dengan sejumlah 313.400 penduduk (2004).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Train station
Poltava

Tetap tak diketahui kapan kota ini berdiri. Dalam kota membatasi arkeolog menggali kediaman Paleolithik seperti sisa Scythia. Secara tradisional nama terkini kota ini dihubungkan dengan permukiman Ltava yang disebutkan dalam Kronik Hypathia.

Kota ini milik Lithuania dari abad ke-14. Administrasi Polandia mengambil alih pada 1569. Pada abad ke-16 dan 17, dimiliki Kniazhestvo (Kepangeranan) Pereyaslav. Pada 1648 Poltava dicaplok tokoh terkemuka Ukraina Yarema Vishnevetskyi (1612-51). Poltava merupakan dasar yang berpengaruh Polk (Resimen) Cossak Ukraina. Pada 1667 Poltava menjadi bagian Imperium Rusia.

Dalam Pertempuran Poltava pada 27 Juni 1709 (Gaya Lama), atau 8 Juli (Gaya Baru), tsar Peter yang Agung, memimpin 45.000 pasukan, mengalahkan di Poltava pasukan Swedia sejumlah 29.000 dipimpin Panglima Tertinggi Carl Gustaf Rehnskiöld (yang telah menerima komando pasukan setelah terlukanya Raja Charles XII pada 17 Juni). "Seperti orang Swedia di Poltava" menyisakan yang mirip untuk "secara keseluruhan tak tertolong" dalam idiom Rusiadan Ukraina. Pertempuran ini menandai akhir Swedia sebagai kekuatan besar dan bangkitnya Rusia sebagai satu-satunya.

Kota ini menjadi tuan rumah Mir Yeshiva selama PD I dan sampai 1921.

Merupakan tempat lahir aktris Zhanna Prokhorenko dan Presiden Israel Yitzhak Ben Zvi.

Informasi tambahan tentang Poltava dapat dibaca di <http://ukraineinfo.gov.ua/oae/en/publication/content/323.htm>