Plastic Ono Band

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Plastic Ono Band
Asal London, Inggris
Genre rock, avant-garde, art rock
Tahun aktif 19691975
Label Apple Records
Artis terkait The Beatles
Mantan anggota John Lennon
Yoko Ono
George Harrison
Eric Clapton
Klaus Voormann
Ringo Starr

Plastic Ono Band adalah band rock and roll yang dibentuk oleh Yoko Ono dan suaminya (dan bekas personel The Beatles) John Lennon yang aktif dari tahun 1969 hingga 1974.

Lennon dan Ono merekam singel mereka bersama, berjudul Give Peace A Chance, di sebuah hotel di Montreal dengan sejumlah tamu termasuk Tommy Smothers, Allen Ginsberg, Norman Mailer, Timothy Leary, dan babak setempat Hare Krishna. Pasangan itu mengalami kecelakaan mobil sebelum singel itu menaiki debutnya, dan mereka harus dirawat di rumah sakit. Tak mau menund debut, mereka mengirim versi pertama "band baru" mereka – seperangkat kotak plastik yang menyimpan peralatan suara – yang dimainkan di tempat mereka. Merupakan jenis debut yang asing untuk band baru itu, namun lagunya (berupa protes untuk Perang Vietnam) menjadi hit minor tahun itu, di Inggris dan Amerika Serikat.

Versi kedua Plastic Ono Band termasuk Ono dan Lennon sendiri, bersama dengan musikus Eric Clapton, Klaus Voormann dan Alan White. Mereka mengadakan pertunjukan bersama di sebuah konser rock di Toronto pada bulan September 1969, dan untuk itulah pertama kali Lennon bermain di depan umum dengan band selain The Beatles. Pertunjukan itu berjalan mulus, dan membantu Lennon memutuskan meninggalkan The Beatles, yang sudah lama dipikirkannya. Singel kedua, Cold Turkey, direkam dengan daftar ini.

Setelah The Beatles bubar, Lennon memutuskan untuk tidak memiliki band tetap lagi, sehingga bersama Ono menggunakan nama Plastic Ono Band untuk merujuk musikus manapun yang muncul pada rekaman yang mereka buat bersama. Para penonton pun disebut sebagai bagian band itu, khususnya bila band itu mengadakan konser. Sebuah iklan untuk salah satu rekaman mereka termasuk sebuah halaman dari sebuah buku telepon dan kata "YOU are the Plastic Ono Band" (ANDA adalah Plastic Ono Band).

Ono dan Lennon berpisah selama beberapa waktu antara tahun 1973-1974. Lennon tetap menggunakan bentuk nama band itu pada 2 album yang diluncurkannya selama perpisahan itu, sedangkan rekaman Ono saat itu mulai muncul dengan namanya sendiri. Saat bergabung lagi pada tahun 1975, Ono mengandung, dan memutuskan untuk berhenti dari musik untuk menjadi orang tua. Putera mereka Sean Lennon lahir pada tanggal 9 Oktober 1975, tepat di hari ulang tahun ke-35 John Lennon.

Pada tahun 1980, Lennon dan Ono memutuskan untuk memulai lagi karier musik mereka, namun kali ini rekaman mereka muncul dengan nama mereka sendiri, dan nama Plastic Ono Band tak lagi digunakan.