Pisang ambon kuning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pisang ambon merupakan salah satu tanaman yang paling banyak tumbuh seperti di Indonesia. Pisang ini memiliki laju pertumbuhan yang sangat cepat dan dapat menghasilkan buah yang banyak, satu pohon dapat menghasilkan 7-10 sisir dengan jumlah 100-150 buah. Bentuk buah pisang ambon yaitu pangkal melengkung dan daging buahnya bewarna kekuningan. Pisang ambon banyak dikonsumsi masyarakat karena mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek yang berfungsi sebagai memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi.

Pisang ambon banyak dikonsumsi masyarakat tanpa memiliki efek samping, selain itu pisang ambon memiliki kalium lebih tinggi dan natrium yang lebih rendah, dalam 100 g pisang ambon mengandung 435 mg kalium dan 18 mg natrium. Sedangkan berat satu buah pisang ambon mengandung +140 g, sehingga dalam satu buah pisang ambon mengandung + 600 mg kalium dengan demikian pisang ambon menjadi alternatif dalam peningkatan asupan kalium khususnya pada lansia.

Pisang ambon termasuk makanan terbaik karena banyak mengandung banyak vitamin. Pisang banyak mengandung asam folat atau vitamin B6 yang larut dalam air, yang diperlukan untuk membuat asam nukleat dan hemoglobin dalam sel darah merah. Pisang yang mengandung vitamin B6 dapat menetralkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, pisang juga mengandung 477 mg kalium. Kalium berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang sehingga tulang tidak hilang kepadatannya (osteoporosis) dan tidak mudah patah.