Pirofilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pirofilia adalah salah satu jenis parafilia yang tidak biasa, dimana seseorang memiliki ketertarikan seksual dengan api atau aktivitas menyalakan api. Pirofilia tidak sama dengan piromania, yang merupakan gangguan mental obsesif terhadap api tanpa konotasi seksual.

Beberapa kasus pirofilia yang dilaporkan tidak melibat perilaku yang umumnya terkait dengan piromania, seperti kegemaran menjadi “penonton” kebakaran di lingkungan mereka; menyalakan alarm palsu; memperoleh kesenangan dari institusi, peralatan, dan personel yang terkait dengan kebakaran, menghabiskan waktu di stasiun pemadam kebakaran setempat, menyalakan api untuk berafiliasi dengan pemadam kebakaran; dan baik menunjukkan ketidakpedulian terhadap konsekuensi terhadap kehidupan dan harta benda yang disebabkan oleh kebakaran atau memperoleh kepuasan dari penghancuran harta benda yang diakibatkan kebakaran. Pemuasan seksual fetisisme ini juga tidak selalu melibatkan api yang sebenarnya, gairah seksual mungkin bisa muncul melalui fantasi atau pembicaraan tentang api atau menyalakan api.

Pirofilia telah didiagnosis dalam beberapa kasus yang sangat jarang, dan tidak sepenuhnya diterima oleh komunitas psikolog umum.[butuh rujukan]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Larry C. Litman (February 1999). "A case of pyrophilia". CPA Bulletin: 18–20. 
  • Bourget, D.; Bradford, John McDonald Wilson (1987). "Fire fetishism, diagnostic and clinical implications: A review of two cases". Canadian Journal of Psychiatry. 32 (6): 459–462. doi:10.1177/070674378703200612. PMID 2961431. 
  • Balachandra, K.; Swaminath, Sam (2002). "Fire Fetishism in a Female Arsonist?". Canadian Journal of Psychiatry. 47 (5). , in Letters to the Editor