Pietro Badoglio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pietro Badoglio
41st
Perdana Menteri Italia
Masa jabatan
25 Juli 1943 – 18 Juni 1944
Penguasa monarki Vittorio Emmanuele III
Didahului oleh Benito Mussolini
Digantikan oleh Ivanoe Bonomi
Informasi pribadi
Lahir 28 September 1871
Grazzano Badoglio, Kerajaan Italia
Meninggal 1 November 1956 (umur 85)
Grazzano Badoglio, Italia
Kebangsaan Italia
Partai politik None (Provisional Military Government)

Pietro Badoglio, Adipati pertama Addis Ababa, 1st Marquess of Sabotino (lahir 28 September 1871 – meninggal 1 November 1956 pada umur 85 tahun) adalah seorang tentara Italia dan politikus. Dia adalah anggota Partito Nazionale Fascista dan memerintahkan pasukan negaranya di bawah diktator Italia Benito Mussolini dalam Perang Italo-Abyssinian Kedua ; usahanya diperoleh dia judul Duke of Addis Ababa.

Pada tanggal 24 Juli 1943, karena Italia telah mengalami beberapa kemunduran dalam Perang Dunia II, Mussolini memanggil Fasis Grand Council, yang terpilih no kepercayaan di Mussolini. Hari berikutnya Il Duce telah dihapus dari pemerintah oleh raja Vittorio Emanuele III dan ditangkap. Badoglio bernama Perdana Menteri Italia dan sementara kebingungan massa di Italia memerintah, ia akhirnya menandatangani gencatan senjata dengan Sekutu. Ketika ini dibuat publik, melemparkan Italia ke dalam kekacauan. Sebuah perang saudara berlangsung, dan fasis melawan partisan. Raja dan Badoglio melarikan diri Roma meninggalkan Tentara Italia dengan ada perintah untuk mengikuti.

Akhirnya dari Brindisi ​​pada tanggal 13 Oktober, Badoglio dan Kerajaan Italia menyatakan perang terhadap Nazi Jerman. Badoglio tidak tinggal sebagai Perdana Menteri selama Namun, karena dunia pendapat pada tahap yang diinginkan seseorang dengan masa lalu yang non-Fasis ke kepala pemerintah. Pada bulan Juni 1944, Badoglio digantikan oleh Ivanoe Bonomi dari Partai Buruh Demokrat.

Jabatan politik
Didahului oleh:
Benito Mussolini
Perdana Menteri Italia
1943–1944
Diteruskan oleh:
Ivanoe Bonomi
Didahului oleh:
Raffaele Guariglia
Menteri Luar Negeri Italia
1944
Diteruskan oleh:
Ivanoe Bonomi
Didahului oleh:
Benito Mussolini
Kepala Fascist Grand Council
1943
Diteruskan oleh:
End Title
Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
baru diadakan
Duke of Addis Abeba
1936–1956
Diteruskan oleh:
Pietro Badoglio, 2nd Duke of Addis Abeba