Alcide de Gasperi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Alcide De Gasperi

Alcide De Gasperi (3 April 188119 Agustus 1954) ialah negarawan dan politikus Italia. Ia dianggap sebagai salah satu Bapak Pendiri MEE, bersama dengan orang Prancis Robert Schuman dan orang Jerman Konrad Adenauer.

Biografi[sunting | sunting sumber]

De Gasperi dilahirkan di Pieve Tesino di Tirol, Austro-Hungaria, kini bagian dari Provinsi Trento di Italia.

Ia belajar filsafat dan sastra di Wina, dan setelah itu ia menjadi wartawan. Pada 1911 ia menjadi Anggota Parlemen dalam Reichsrat Austria. Pindah ke Italia setelah PD I, pada 1919 ia adalah salah satu pendiri, dengan Don Luigi Sturzo, dari Partai Populer Italia, atau Partito Popolare; bermula pada1921 ia adalah anggota parlemen untuk partai itu. Ia menjadi pemimpin partai dan Sekretaris Jenderal.

De Gasperi menjalani hukuman penjara 16 bulan karena anti-fasis. Setelah pembebasannya pada 1931 ia bekerja di perpustakaan di Vatican; di sana, pada 1943 selama Perang Dunia II, ia mengatur pendirian partai Demokrasi Kristen yang pertama (dan tak resmi saat itu), atau Democrazia Cristiana, menggunakan ideologi Partai Populer. Dari 1945 sampai 1953 ia adalah perdana menteri dari 8 pemerintahan Demokrasi Kristen yang berganti. Masa kekuasaanya yang 8 tahun tetap menjadi landmark dirgahayu politik untuk seorang pemimpin dalam politik Italia modern.

Pada 1952 ia menerima Karlspreis (Indonesia: Penghargaan Charlemagne Internasional dari Kota Aachen), dan penghargaan oleh kota Jerman Aachen kepada tokoh yang menyumbang gagasan Eropa dan perdamaian Eropa.

De Gasperi meninggal di Sella di Valsugana, di Trentino. Ia dimakamkan di Basilica di San Lorenzo fuori le Mura, sebuah basilika di Roma.

Makam De Gasperi.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]