Pieter van Vollenhoven

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pieter van Vollenhoven
Lahir30 April 1939 (umur 84)
Schiedam, Belanda
Tempat tinggalApeldoorn, Belanda
KebangsaanBelanda
AlmamaterUniversitas Leiden
PekerjaanGuru Besar (Emeritus Professor)
OrganisasiDewan Keselamatan Transportasi Belanda
GelarMaster Hukum
Suami/istriPutri Margriet dari Belanda
AnakPangeran Maurits
Pangeran Bernhard
Pangeran Pieter-Christiaan
Pangeran Floris
Orang tuaPieter van Vollenhoven, Sr.
Jacoba Gijsbertha Stuyling de Lange

Pieter van Vollenhoven, Jr. (lahir 30 Maret 1939) adalah suami Putri Margriet dari Belanda dan anggota Keluarga Kerajaan Belanda (melalui pernikahan).

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Schiedam, ia adalah anak kedua Pieter van Vollenhoven, Sr. dan istrinya Jacoba Gijsbertha Stuylingh de Lange.

Van Vollenhoven belajar di Sekolah Menengah di Rotterdam, dan ia melanjutkan studinya ke Universitas Leiden. Ia lulus pada tahun 1965. Setelah itu ia bekerja di Dewan Negara Belanda. Pada 1966, ia memulai dinas militer dengan AU Kerajaan Belanda, dan meraih lisensi pilot militer pada tahun yang sama.

Posisi saat ini[sunting | sunting sumber]

Pieter van Vollenhoven dikenal di Belanda sebagai ketua Dewan Keselamatan Belanda di mana ia pensiun dari jabatan tersebut pada Februari 2011. Ia ditunjuk menjadi ketua Dewan Keselamatan Jalan dan Dewan Insiden Kereta Api oleh Menteri Tjerk Westerterp. Setelah beberapa kecelakaan yang menimpa pesawat di Belanda, perlu dibentuk suatu badan untuk menangani semua masalah kecelakaan dan insiden dari alat transportasi jenis apapun. Maka dibentuklah, Dewan Keselamatan Transportasi Belanda dengan van Vollenhoven sebagai ketua.

Berdasarkan pengalaman dan keahliannya dalam bidang keselamatan transportasi, Universitas Twente menunjuk Van Vollenhoven sebagai Profesor pada 1 Oktober 2005. Ia bertanggung jawab atas kegiatan penelitian kebijakan dan manajamen risiko. Ia mengeluarkan pernyataan pada 28 April 2006 untuk pembentukan Kementerian Keamanan.

Pada 1989, Van Vollenhoven memiliki inisiatif untuk membentuk Badan Dana Bencana Belanda, di mana ia lalu menjadi ketuanya. Ia juga menjadi ketua dari Nationaal Groenfonds, Badan Pembiayaan Perbaikan dan Asosiasi Polisi, Keamanan dan Masyarakat dan Dewan Keselamatan Transportasi Internasional. Ia juga merupakan anggota Dewan Keselamatan Transportasi Eropa.

Tindakan yang terkenal[sunting | sunting sumber]

Sebagai Ketua Dewan Keselamatan, Van Vollenhoven mengawasi investigasi Schipholbrand, sebuah kebakaran yang terjadi di gedung penampungan imigran gelap di Belanda. Ia mempresentasikan laporan akhir pada 21 September 2006, yang menampilkan temuan mengejutkan. Tiga menteri bertanggung jawab atas hal ini. Dua diantaranya yakni, Piet Hein Donner dan Sybilla Dekker mengundurkan diri. Sedangkan Rita Verdonk, menteri ketiga yang terlibat menolak untuk mengundurkan diri.

Berdasarkan bencana Penerbangan Turkish Airlines 1951, Van Vollenhoven memimpin investigasi bersama Dewan Keselamatan. Investigasi ini memicu konflik antara dia dengan Kejaksaan Agung, untuk memperoleh akses untuk meneliti kotak hitam pesawat.[1]

Saat ulang tahunnya yang ke 70, Barry Sweedler (dari Dewan Keselamatan Transportasi Amerika Serikat) berkata padanya: "Dunia menjadi tempat yang lebih aman karena kerja dan kepemimpinan anda".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Belanda) Editorial board (28 February 2009). "Van Vollenhoven geeft zwarte dozen niet af". NRC Handelsblad. Diakses tanggal 17 september 2010.