Peti rumah kaca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peti rumah kaca tradisional buatan sendiri

Di bidang pertanian dan berkebun, peti rumah kaca, bingkai dingin atau rumah kaca nirpemanas adalah peti kotak beratap tembus pandang, dibangun rendah ke tanah, digunakan untuk melindungi tanaman dari cuaca buruk, terutama suhu dingin atau basah yang berlebihan. Bagian atas yang tembus pandang memungkinkan masuknya sinar matahari dan mencegah keluarnya panas melalui konveksi yang biasanya terjadi, terutama pada malam hari. Pada dasarnya, peti rumah kaca berfungsi sebagai miniatur rumah kaca sungguhan untuk memperpanjang musim tanam .[1]

Peti rumah kaca ditemukan di pekarangan rumah dan di pertanian sayuran . Mereka menciptakan iklim mikro yang menyediakan isolasi suhu udara dan tanah hingga beberapa derajat, dan perlindungan dari angin . Di daerah musim dingin, karakteristik ini memungkinkan tanaman ditanam lebih awal di musim semi, dan bertahan lebih lama di musim gugur dan musim dingin. Tanaman ini paling sering digunakan untuk menanam bibit yang kemudian ditransplantasikan ke lahan terbuka, dan juga dapat menjadi rumah permanen bagi sayuran tahan dingin yang ditanam untuk panen musim gugur dan musim dingin.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Bingkai kayu dibuat dengan tingginya sekitar satu (35 cm) hingga dua kaki (70 cm), dan tutup tembus pandang ditempatkan di atasnya. Atapnya sering kali dibuat miring ke arah matahari musim dingin untuk menangkap lebih banyak cahaya, dan untuk meningkatkan limpasan air, dan berengsel untuk memudahkan akses. Plastik bening, kaku atau terpal, dapat digunakan sebagai pengganti kaca. Kabel pemanas listrik, yang tersedia untuk tujuan ini, dapat ditempatkan di dalam tanah untuk memberikan panas tambahan.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Peti rumah kaca dapat digunakan untuk memperpanjang musim tanam banyak tanaman pangan dan tanaman hias, terutama dengan memberikan peningkatan kehangatan di awal musim semi. Artinya, tanaman sayur-sayuran dapat dipanen sebelum musim normal ketika harganya sangat mahal. Beberapa tanaman yang cocok untuk ditanam di lahan dingin antara lain selada, peterseli, daun bawang, bayam, lobak, lobak, dll. Satu tanaman sayuran dapat menempati seluruh peti rumah kaca atau kombinasi tanaman dapat ditanam sehingga matang secara bergilir. untuk mendapatkan berbagai macam sayuran yang berbeda sepanjang tahun dari satu peti rumah kaca.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cold Frame as Season Extension from Grass to Greens". www.grass2greens.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 October 2015. Diakses tanggal 19 November 2014.