Pesta nelayan Pamayangsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Berkas:Pesta Nelayan di Pantai Pamayangsari (foto dokumen Disparbud Jabar).jpg
Pesta nelayan di pantai Pamayangsari dilaksanakan pada Desember atau pertengahan tahun

Pesta nelayan Pamayangsari adalah kegiatan acara pesta nelayan pantai Pamayangsari, 7 km dari pantai Cipatujah, berdekatan dengan pantai Sindangkerta, di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Pesta nelayan ini berada pada titik koordinat 7° 45' 3" S, 108° 1' 33" E dan dilaksanakan pada setiap Desember atau pertengahan tahun tergantung pembacaan musim yang dinamis.[1]

yang dilaksanakan setiap tahun sebagai ungkapan kebahagiaan dan rasa syukur atas kemudahan dan keberlimpahan hasil laut yang diperoleh para nelayan lokal. Acara tradisi budaya pesta nelayan dimeriahkan dengan beragam aktivitas selain berdoa bersama, diantaranya, dimeriahkan dengan perlombaan yang berhubungan dengan dunia dan budaya nelayan seperti ketangkasan merajut jaring, membuat tali pemberat, tarik tambang perahu, dan serbaneka kegiatan yang berhubungan dengan dunia bahari dalam balutan tradisi masyarakat Sunda di pesisir pantai. Pada era modern, pesta hajat syukur tersebut turut dimeriahkan dengan intensifikasi perdagangan selain menampilkan kesenian dan kebudayaan setempat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pesta Nelayan di Pantai Pamayangsari". Kabupaten Tasikmalaya: disparbud.jabarprov.go.id. 09-12-2011. Archived from the original on 2015-09-23. Diakses tanggal 23 September 2015.