Pertempuran Kounaxa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 33°19′29.48″N 44°04′46.33″E / 33.3248556°N 44.0795361°E / 33.3248556; 44.0795361

Pertempuran Kounaxa

Penggambaran Pertempuran Kounaxa English School abad ke-19
Tanggal3 September 401 SM [1]
LokasiDI tepi Sungai Efrat di dekat yang sekarang Baghdad, Irak
Hasil Penarikan taktis
Kemenangan strategis Artaxerxes II
Ribuan tentara bayaran Yunani berbaris pulang melawan oposisi
Perubahan
wilayah
Kaisar Persia yang sah masih hidup dan memegang kendali penuh atas kekaisaran.
Pihak terlibat
Koresy Muda Kekaisaran Akhemeniyah [1]
Tokoh dan pemimpin
Koresy Muda 
Klearkhos
Ariaeus
Artahsasta II dari Persia
Gobrias
Tissafernis
Kekuatan
Kekuatan besar tentara Persia
10,400 tentara bayaran hoplites
2,500 tentara bayaran infanteri ringan dan Peltastes
1,000 Paflagonía cavalry
600 pengawal kavaleri
20 kereta sabit besar
40,000[2]
Korban
Minimal, kematian Koresy Tidak diketahui

Pertempuran Kounaxa merupakan sebuah pertempuran yang terjadi pada tahun 401 SM di antara Koresy Muda dan kakandanya Arsakes, yang mewarisi takhta Iran sebagai Artahsasta II pada tahun 404 SM. Pertempuran besar pemberontakan Koresy terjadi 70 km di utara Babel, di Kounaxa (Yunani: Κούναξα), di tepi kiri sungai Efrat. Sumber utamanya adalah Xenophon, seorang prajurit Yunani dan saksi mata.

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Koresy mengumpulkan tentara bayaran Yunani, terdiri dari 10,400 hoplites dan 2.500 infanteri ringan dan peltastes, di bawah jenderal Sparta Klearkhos, dan bertemu Artahsasta di Kounaxa. Dia juga memiliki pasukan besar yang dipungut di bawah komandonya Ariaeus. Kekuatan pasukan Akhemeniyah adalah 40.000 orang.

Ketika Koresy mengetahui bahwa kakandanya, Raja Agung, sedang mendekat dengan pasukannya, dia menyusun pasukannya dalam pertempuran. Dia menempatkan tentara bayaran Yunani di sebelah kanan, dekat sungai. Selain itu mereka didukung di sisi kanan mereka oleh beberapa kavaleri, 1,000 orang kuat, seperti tradisi perintah pertempuran pada hari itu. Bagi orang-orang Yunani, ini adalah tempat terhormat. Koresy sendiri dengan 600 penjaga tubuh berada di tengah, di sebelah kiri tentara bayaran Yunani - tempat di mana raja-raja persia menempatkan diri mereka secara tradisional dalam urutan pertempuran. Pasukan Asiatik Koresy berada di sisi kiri.[3]

Terbalik, Artahsasta II menempatkan kirinya di sungai, dengan satu unit kavaleri mendukungnya juga. Artahsasta berada di tengah garisnya, dengan 6.000 unit kavaleri Persia (yang merupakan beberapa yang terbaik di dunia dan jauh lebih unggul dari apa pun yang bisa diperbuat Koresy atau Yunani) yang berada di sebelah kiri Koresy, garisnya begitu lebih lama lagi. Garis Artahsasta menumpang tindih garis Koresy cukup signifikan, karena dia mampu menurunkan lebih banyak pasukan.[4]

Koresy kemudian mendekati Klearkhos, pemimpin bangsa Yunani, yang memimpin falangs yang ditempatkan di sebelah kanan, dan memerintahkannya untuk pindah ke pusat untuk mengejar Artahsasta. Namun, Klearkhos, yang tidak ingin melakukan ini - karena takut akan sayap kanannya - menolak, dan berjanji kepada Koresy, menurut Xenophon, bahwa dia akan "berhati-hati bahwa semuanya akan baik-baik saja". Koresy ingin menempatkannya di tengah ketika orang-orang Yunani adalah unitnya yang paling mampu, dan dengan demikian paling mampu mengalahkan kavaleri elit Persia dan dengan demikian proses membunuh Raja Agung, dengan demikian memperoleh takhta Persia untuk Koresy. Klearkhos menolak hal ini karena ketidakamanan yang dialami orang-orang Yunani untuk sayap kanan mereka, yang cenderung melayang dan tidak dipertahankan, karena perisai yang dipegang di tangan kiri. Bahwa Klearkhos tidak mematuhi perintah ini adalah tanda dari tingkat kendali yang Koresy miliki atas pasukannya, karena beberapa kesempatan lain di seluruh kampanye ini sebelum pertempuran juga terungkap. Ini tidak konsisten dengan disiplin militer, bahkan pada hari ini.

Sebelum serangan terakhir dimulai, Xenophon, penghubung utama dari peristiwa di Kounaxa, yang mungkin pada waktu itu semacam perwira tingkat menengah, mendekati Koresy untuk memastikan bahwa semua perintah dan disposisi yang tepat telah dibuat. Koresy mengatakan kepadanya bahwa mereka miliki, dan pengorbanan yang secara tradisional terjadi sebelum pertempuran menjanjikan kesuksesan.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Orang-orang Yunani, yang ditempatkan di sebelah kanan Koresy yang kalah jumlahnya, menyerang sisi kiri pasukan Artahsasta, yang mematahkan barisan dan melarikan diri sebelum mereka datang dengan panah. Namun, di Persia, pertarungan antara tentara Artaxerxes dan Koresy jauh lebih sulit dan berlarut-larut. Koresy secara pribadi mendakwa pengawal saudaranya dan dibunuh oleh lembing, yang mengirim para pemberontak mundur. (Orang yang melempar lembing dikenal sebagai Mithridates dan dia kemudian akan dieksekusi dengan skafisme karena dia mengambil pembunuhan dari Artaxerxes). Hanya tentara bayaran Yunani, yang belum pernah mendengar tentang kematian Koresy dan bersenjata berat, berdiri teguh. Klearkhos maju melawan sayap kanan tentara Artahsasta yang jauh lebih besar dan mengirimnya ke retret. Sementara itu, pasukan Artaxerxes mengambil alih perkemahan Yunani dan menghancurkan persediaan makanan mereka.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Menurut tentara Yunani dan penulis Xenophon, pasukan berat Yunani menyebarkan oposisi mereka dua kali; hanya satu orang Yunani yang terluka. Hanya setelah pertempuran mereka mendengar bahwa Koresy sendiri telah terbunuh, membuat kemenangan mereka tidak relevan dan ekspedisi gagal. Mereka berada di tengah-tengah kerajaan yang sangat besar tanpa makanan, tanpa majikan, dan tidak ada teman yang dapat dipercaya. Mereka menawarkan untuk menjadikan sekutu Persia mereka sebagai raja Ariaeus, tetapi dia menolak dengan alasan bahwa dia bukan dari darah bangsawan dan karenanya tidak akan menemukan dukungan yang cukup di antara orang-orang Persia untuk berhasil. Mereka menawarkan jasa mereka untuk Tissafernis, satrap Artahsasta yang terkemuka, tetapi dia menolak mereka, dan mereka menolak menyerah kepadanya. Tissafernis ditinggalkan dengan masalah; pasukan besar pasukan berat, yang dia tidak bisa mengalahkan dengan serangan frontal. Dia memberi mereka makanan dan, setelah menunggu lama, membawa mereka ke utara ke rumah, sementara itu melepaskan Ariaeus dan pasukan cahayanya dari perjuangan mereka.

Para perwira senior Yunani dengan bodoh menerima undangan Tissaphernes ke pesta. Di sana mereka dijadikan tahanan, dibawa ke raja dan di sana dipenggal. Orang Yunani memilih perwira baru dan berangkat ke utara ke Laut Hitam melalui Corduene dan Armenia. Akhirnya mereka sukses, pawai Sepuluh Ribu, dicatat oleh Xenophon di Anabasisnya.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pertempuran ini dirujuk pada awal The Warrior (1979).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Full text of Xenophon's Anabasis online:

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Xenophon, The Persian Expedition, trans. by Rex Warner, Penguin, 1949.
  • Montagu, John D. Battles of the Greek and Roman Worlds, Greenhill Books, 2000.
  • Prevas, John. Xenophon's March: Into the Lair of the Persian Lion, Da Capo, 2002.
  • Waterfield, Robin. Xenophon's Retreat: Greece, Persia, and the End of the Golden Age, Belknap Press, 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]