Pertempuran Garis Batas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Garis Batas
Bagian dari Invasi Polandia

Pasukan per 31 Agustus dan rencana penyerangan Jerman.
Tanggal1–4 September 1939
LokasiPolandia, sebagian Jermany
Hasil Kemenangan Jerman
Pihak terlibat
 Jerman  Polandia
Tokoh dan pemimpin
Jerman Nazi Fedor von Bock Polandia Emil Krukovich-Pshedzhimirsky
Penempatan divisi pada tanggal 1 September 1939
Tentara Wehrmacht jerman meruntuhkan perbatasan penyeberangan ke Polandia, 1 September 1939
Peta lain penempatan pasukan Polandia pada tanggal 1 September.
Kekuatan pada 14 September dengan gerakan pasukan pada saat itu.

Pertempuran Perbatasan (bahasa Polandia: Bitwa graniczna) mengacu pada pertempuran yang terjadi pada hari-hari pertama[1] saat Jerman menginvasi Polandia pada bulan September 1939. Serangkaian pertempuran berakhir dengan kemenangan Jerman, pasukan Polandia hancur atau dipaksa untuk mundur.

Sebelum pertempuran[sunting | sunting sumber]

Rencana pertahanan Polandia (Rencana Zachód) disebut untuk pertahanan perbatasan Polandia dalam kasus invasi dari Jerman. Banyak industri baru dan pusat-pusat populasi besar Polandia yang terletak di daerah perbatasan (terutama di Silesia); Namun, perbatasan yang panjang sangat sulit untuk dipertahankan dengan baik dan benar. Rencana itu dikritik oleh beberapa militer Polandia dan Penasihat Barat, tetapi didukung oleh para politisi yang takut akan efek meninggalkan bagian yang signifikan dari populasi terhadap musuh tanpa perlawanan, dan yang semakin berkecil hati untuk meninggalkan wilayah-wilayah Polandia sebagai sekutu (Prancis dan Inggris) yang tidak menjamin perbatasan Polandia dan mungkin juga memutuskan untuk mengizinkan Jerman untuk mengambil Koridor Polandia yang mereka minta sebagai syarat perdamaian (mengejar kebijakan peredaan).

Rencana Invasi Jerman (Fall Weiss) disebut untuk memulai permusuhan sebelum deklarasi perang dan untuk doktrin Blitzkrieg atau perang kilat yang harus dikejar. Unit Jerman menyerang Polandia dari tiga arah:

  • dari daratan Jerman melalui perbatasan barat Polandia
  • dari utara, dari wilayah Prusia Timur
  • dari wilayah Slovakia, disertai dengan unit sekutu slovakia

Ketiga serangan yang berkumpul di Warsawa, sementara Angkatan Darat utama Polandia akan dikepung dan dihancurkan di barat Vistula.

Polandia, yang sudah memiliki populasi yang lebih kecil dan dengan demikian anggaran militer yang kecil juga dibandingkan militer dari Jerman, berada dalam posisi yang lebih kurang beruntung karena Polandia tidak yakin apakah perang sudah akan mulai, dan angkatan bersenjatanya tidak sepenuhnya dimobilisasi pada 1 September.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pertempuran Garis Batas dimulai sekitar jam 05:00 ketika pasukan Jerman mulai menyeberang ke perbatasan Polandia di berbagai tempat.[2] Pertempuran Westerplatte, yang sering digambarkan telah dimulai pada jam 04:45 dengan salvo (tembakan serentak) SMS Schleswig-Holstein di pesisir benteng Polandia, umumnya digambarkan sebagai pertempuran pertama dari perang[3][4] yang masih diperdebatkan apakah itu adalah tindakan pertama dari perang; sumber-sumber yang lebih rinci telah menjelaskan salvo 0445 seperti yang terjadi "beberapa menit setelah serangan Luftwaffe di lapangan udara Polandia".[5] Beberapa sejarawan mengidentifikasi tindakan pertama perang setelah pemboman jembatan Tczew jembatan di Pomeranian Koridor oleh pembom dari Sturzkampfgeschwader 1 sekitar 0430.[6][7] sejarawan polandia Jaroslaw. Tuliszka mencatat bahwa jumlah unit jerman yang memulai permusuhan melintasi perbatasan sebelum tembakan di Westerplatte.[8]:7–8 bendera Palsu Operasi Himmler telah dimulai beberapa jam sebelumnya.[9]

Pada 1 September pukul 08:00, pasukan Jerman, tanpa mengeluarkan deklarasi perang resmi, menyerang di dekat kota Polandia Mokra; pertempuran perbatasan telah dimulai. Kemudian pada hari itu, Jerman membuka front disepanjang perbatasan barat, selatan dan utara Polandia, sementara pesawat Jerman mulai menyerang kota-kota Polandia. Rute utama serangan fokus ke arah timur dari Jerman yang tepat melalui perbatasan barat Polandia. Rute kedua yang membawa serangan pendukung dari Prusia Timur di utara, dan serangan ketiga adalah aliansi Jerman-Slovakia oleh unit-unit (Angkatan Darat Lapangan Bernolák) dari wilayah aliansi jerman-Slovakia di selatan. Ketiga serangan berkumpul di ibu kota polandia Warsawa.

Di barat laut, Grup Angkatan Darat Utara Jerman dibawah Fedor von Bock menyerang Pomerania dan Polandia Besar, bergerak dari Jerman Barat yang tepat (Angkatan Darat Jerman ke-4) dan dari Timur Prusia (Angkatan Darat Jerman Ke-3). Dalam Pertempuran Hutan Tuchola yang berlangsung dari 1 hingga 5 September mereka membagi polandia Angkatan Darat Pomorze Polandia dibawah Władysław Bortnowski yang bertugas dengan membela Koridor Polandia ; bagian itu Laksamana Józef Unrug akan terus mempertahankan kantong-kantong pantai selama beberapa hari atau minggu berikutnya (pada Pertempuran Westerplatte, Gdynia, Hel dan lain-lain) sedangkan sisanya terpaksa, bersama-sama Angkatan Darat Poznan di bawah Tadeusz Kutrzeba, untuk mundur ke timur dari garis pertahanan mereka di Polandia Besar terhadap Kłodawa di Kujawy.

Di Polandia utara (Masovia), pada 3 September bagian dari Angkatan Darat Jerman Ke-3 telah mengalahkan Angkatan Darat Modlin Polandia dibawah Emil Krukowicz-Przedrzymirski pada pertempuran Mława; pasukan Polandia mundur ke garis pertahanan sekunder di Vistula dan sungai Narew, yang memungkinkan Jerman untuk bergerak menuju tujuan utama mereka, ibu kota Polandia Warsawa.

Di selatan dan barat daya, Grup Angkatan Darat Selatan Jerman di bawah Gerd von Rundstedt menyerang sepanjang garis yang membagi Angkatan Darat Łódź (di bawah Juliusz Rómmel) dari Angkatan Darat Poznań (utara) dan Angkatan Darat Kraków (selatan, di bawah Antoni Szylling) Polandia. Meskipun beberapa kemenangan taktis Polandia (seperti dalam Pertempuran Mokra pada 1 September), pasukan Polandia terpaksa mundur, karena Angkatan Darat Łódź terkepung oleh Angkatan Darat Jerman ke-8 dan Angkatan Darat Jerman ke-10. Tentara Kraków mundur dari Silesia dan di selatan Tentara Karpaty di bawah Kazimierz Fabrycy sedang perlahan-lahan mendorong ke utara menuju Dunajec dan Sungai Nida oleh Angkatan Darat Jerman ke-14.

Pada 6 September, pasukan Polandia mundur dan Marshal Polandia Edward Rydz-Śmigły memerintahkan agar semua pasukan untuk mundur ke garis sekunder dari pertahanan di Vistula dan Sungai San.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Hampir semua pertempuran yang dianggap sebagai bagian dari 'Pertempuran Garis Batas' (dengan pengecualian dari Pertempuran Hel, yang berlangsung selama lebih dari sebulan dan Pertempuran Mokra, Polandia meraih kemenangan) mengakibatkan kekalahan pasukan Polandia dengan cepat, yang dipaksa untuk meninggalkan wilayah Pomerania, Polandia Besar dan Silesia. Kekalahan itu pada akhirnya membuat lebih sulit bagi pasukan Polandia untuk mundur kembali secara terorganisir menuju ke garis pertahanan sekunder (di belakang Vistula dan dekat jembatan Rumania).

Pertempuran Garis Batas[sunting | sunting sumber]

Berikut pertempuran yang termasuk Pertempuran Garis Batas:

Yang dimulai sebelum tanggal 3 September dan berakhir sebelum atau pada tanggal 7 September:
Yang dimulai setelah tanggal 3 September dan berakhir sebelum atau pada tanggal 7 September:
Yang dimulai sebelum tanggal 7 September dan berlangsung sesudahnya:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Urutan pertempuran Jerman dalam Operasi Fall Weiss
  • Serangan pasukan di polandia bulan September Kampanye
  • Urutan pertempuran pada tahun 1939 Tentara Polandia

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Battle of the Border began on 1 September, but sources vary with their assignment of an end date for this phase of the campaign. The shortest period is delimited by the date of 3 September (Encyklopedia Internautica), usually related to the Battle of Mława, while the longer one gives the date of the 6th (Encyklopedia PWN Diarsipkan 2006-10-01 di Wayback Machine.) (the order of Edward Rydz-Śmigły to fall back) or sometimes the 7th of September (the symbolic capitulation of Westerplatte).
  2. ^ Bronislaw Skrzypak; Poland. Wojsko Polskie. Główny Zarza̦d Polityczny (1960). Z dziejów wojny wyzwoleńczej narodu polskiego, 1939-1945: materialy do szkolenia politycznego. Wydawn. Ministerstwa Obrony Narodowe. hlm. 129j. 
  3. ^ David T. Zabecki (1 May 2015). World War II in Europe: An Encyclopedia. Routledge. hlm. 1663. ISBN 978-1-135-81242-3. The earliest fighting started at 0445 hours when marines from the battleship Schleswig-Holstein attempted to storm a small Polish fort in Danzig, the Westerplate 
  4. ^ Lawrence Paterson (30 November 2015). Schnellboote: A Complete Operational History. Seaforth Publishing. hlm. 19. ISBN 978-1-84832-083-3. Two minutes later the old battleship Schleswig-Holstein opened World War Two by bombarding the Polish military transit depot at Westerplatte, Danzig 
  5. ^ Ian Dear (1 January 1995). The Oxford Guide to World War II. Oxford University Press. hlm. 995. ISBN 978-0-19-534096-9. 
  6. ^ Steve Zaloga; W. Victor Madej (31 December 1990). The Polish Campaign, 1939. Hippocrene Books. hlm. 107. ISBN 978-0-87052-013-6. 
  7. ^ John Weal (20 October 2012). Bf 109D/E Aces 1939–41. Bloomsbury Publishing. hlm. 4–7. ISBN 978-1-78200-526-1. 
  8. ^ Jarosław Tuliszka (2003). Westerplatte 1926-1939: dzieje Wojskowej Składnicy Tranzytowej w Wolnym Mieście Gdańsku. Wydawn. Adam Marszałek. ISBN 978-83-7322-504-6. 
  9. ^ Anna M. Wittmann (5 December 2016). Talking Conflict: The Loaded Language of Genocide, Political Violence, Terrorism, and Warfare. ABC-CLIO. hlm. 83. ISBN 978-1-4408-3425-7. 

Referensi[sunting | sunting sumber]