Pertempuran Annual

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pertempuran Annual adalah pertempuran yang terjadi di Maroko antara angkatan darat Spanyol dari Afrika dan pejuang dari wilayah Rif. Perang ini adalah kekalahan militer besar yang diderita oleh tentara Spanyol pada tanggal 22 Juli 1921 di Annual Maroko sebelah timur laut selama Perang Rif. Kekalahan itu, hampir selalu disebut oleh Spanyol sebagai Bencana Tahunan, menyebabkan krisis politik utama dan redefinisi kebijakan kolonial Spanyol menuju Rif.

Pada awal 1921 tentara Spanyol memulai serangan ke utara-timur Maroko dari daerah pesisir yang sebelumnya dipegang. Muka berlangsung tanpa garis diperpanjang komunikasi yang memadai didirikan atau penaklukan lengkap daerah yang diduduki.

Pada tanggal 22 Juli 1921, setelah lima hari pengepungan, pasukan Spanyol garrisoning perkemahan Tahunan bawah komando umum Manuel Fernandez Silvestre setelah posisi bersebelahan Igueriben jatuh lalu diserang dan dihancurkan oleh pasukan Riff tidak teratur di bawah komando Muhammad Ibnu Abd al-Karim al-Khattabi (biasanya dikenal sebagai Abd el Krim), seorang pejabat mantan pemerintahan Spanyol di Kantor Urusan Adat di Melilla dan salah satu pemimpin suku Ouriaghel Aith (dikenal sebagai' Aith Urriaguel 'dalam bahasa Spanyol).

Silvestre dinyatakan hilang dan jenazahnya tidak pernah ditemukan. Struktur over-extended militer Spanyol di Spanyol Protektorat Barat di Maroko hancur. Lebih dari dua puluh posting Spanyol yang dikuasai dan garnisun mereka dibantai tanpa pernah memiliki kesempatan untuk melakukan serangan balasan yang terkoordinasi terhadap serangan. Pada Afrau di pantai Spanyol kapal perang mampu mengevakuasi garnisun dan pada Zoco el Telata de Metalsa dalam pasukan Spanyol selatan dan warga sipil mampu mundur ke Zona Perancis.

Pasukan Spanyol yang masih hidup mundur sekitar 80 km ke perkemahan Monte Arruit mana berdiri dicoba di bawah komando Jenderal Felipe Navarro y Ceballos-Escalera. Posisi ini namun dikelilingi dan terputus dari pasokan. Dengan demikian, General Dámaso Berenguer Fuste, Komisaris Tinggi Spanyol di protektorat itu, resmi menyerah pada tanggal 9 Agustus. Meskipun demikian, Rifeños tidak menghormati kondisi menyerah dan membunuh banyak dari para pengungsi di dalam benteng. Umum Navarro, bersama dengan beberapa ratus enam lainnya dipenjarakan.

Melilla hanya berjarak beberapa km 40 saja, tapi tidak dalam posisi untuk membantu: kota itu sendiri hampir tak berdaya dan tidak memiliki pasukan terlatih. Kehendak Abdelkrim untuk menghindari disapprovement internasional terhadap dirinya membuatnya tidak menyerang Melilla. Dia kemudian menyatakan bahwa ini adalah kesalahan yang terbesar.

Spanyol cepat berkumpul unit elit Angkatan Darat dari Afrika yang telah beroperasi selatan Tetuan di Zona Barat dan tidak disertai pasukan Silvestre dalam terlebih dahulu untuk Annual. Ini terutama terdiri atas tentara yang baru diangkat Spanyol dan Maroko Legiun Regulares. Ditransfer ke Melilla melalui laut ini bala diaktifkan kota yang akan diselenggarakan dan Monte Arruit akan direbut kembali pada akhir November.

Orang Spanyol kehilangan lebih dari 20.000 prajurit . Sedangkan pasukan Rif yang mati diperkirakan sekitar 1.000 orang. Materiel hilang oleh Spanyol melibatkan lebih dari 20.000 senapan, 400 senapan mesin dan 129 meriam.

Krisis politik yang ditimbulkan oleh bencana ini dipimpin Indalecio Prieto mengatakan di Kongres Deputi. "Kami berada di masa paling akut dekadensi Spanyol Kampanye di Afrika adalah kegagalan total, mutlak, tanpa keletihan, Tentara Spanyol. "

Menteri Perang memerintahkan pembentukan sebuah komisi investigasi, diarahkan oleh Juan umum terhormat Picasso González, yang mengembangkan laporan yang dikenal sebagai Picasso Expediente, yang, meskipun memanggil kesalahan militer banyak, karena tindakan obstruktif menteri berbagai dan hakim tidak pergi terlalu jauh dengan meletakkan tanggung jawab politik atas kekalahan, yang pendapat umum secara luas ditempatkan pada Raja Alfonso XIII, yang menurut beberapa sumber telah mendorong penetrasi yang tidak bertanggung jawab Silvestre dari posisi jauh dari Melilla tanpa pertahanan yang memadai di bagian belakangnya. Ketidakpedulian jelas Alfonso bencana - berlibur di Perancis selatan, dia dilaporkan mengatakan bahwa "daging Ayam yang murah" ketika informasi tentang bencana menyebabkan reaksi rakyat terhadap monarki.

Krisis ini adalah salah satu dari banyak itu, selama dekade berikutnya, meruntuhkan monarki Spanyol dan menyebabkan munculnya Republik Spanyol Kedua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Rebels in the Rif - Abd El Krim and the Rif Rebellion. David S. Woolman, Stanford University Press 1968

Pranala luar[sunting | sunting sumber]