Perpustakaan medis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Markham Stouffville Hospital Library
Perpustakaan Rumah Sakit Markham Stouffville


Perpustakaan kesehatan atau medis adalah perpustakaan yang dirancang untuk membantu dokter, pekerja profesional di bidang kesehatan, mahasiswa, pasien, konsumen, peneliti medis, dan spesialis informasi dalam mencari kesehatan dan informasi ilmiah untuk memperbaiki, memperbarui, menilai atau mengevaluasi perawatan kesehatan. Perpustakaan medis biasanya ditemukan di rumah sakit, sekolah kedokteran, industri swasta, dan di kantor medis atau asosiasi kesehatan. Perpustakaan medis biasanya memiliki akses ke MEDLINE, berbagai sumber informasi elektronik, koleksi jurnal cetak dan digital, dan buku-buku referensi. Pengaruh akses terbuka dan akses pencarian melalui Google dan PubMed memiliki dampak yang besar pada cara perpustakaan perpustakaan beroperasi.[1]

Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat (NLM) adalah perpustakaan terbesar biomedis di dunia. Perpustakaan ini mengumpulkan dan menyediakan akses ke beberapa informasi kesehatan di dunia (karena hubungan ke National Institutes of Health). NLM mempertahankan banyak informasi medis dan database genomik, yang dapat dicari melalui Entrez sistem pencarian, termasuk MEDLINE (PubMed) dan OMIM (sifat-sifat genetik database).[2]

Perpustakaan medis terbesar di Eropa adalah Perpustakaan Kedokteran Nasional Jerman (ZB MED), yang juga memiliki koleksi dalam bidang gizi, pertanian, dan ilmu lingkungan. ZB MED beroperasi sebagai perpustakaan resmi di Eropa dalam menanggapi penggeledahan yang dilakukan di NLM bibliografi database seperti PubMed, dan juga mengoperasikan portal pencarian.[3]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebuah survei pada tahun 2013 dari penyedia perawatan kesehatan di Amerika Serikat menyimpulkan dari data yang profesional di industri perawatan kesehatan melakukan akses ke perpustakaan medis.[4] Penelitian lebih lanjut menyimpulkan bahwa perawatan kesehatan profesional merasa bahwa informasi yang mereka dapatkan dari perpustakaan memiliki dampak positif pada perawatan pasien.[4]

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Untuk dapat terakreditasi, setiap perguruan tinggi kedokteran, keperawatan, kedokteran gigi, farmasi, kedokteran hewan, atau kesehatan masyarakat di Amerika dan Kanada diwajibkan untuk memiliki perpustakaan kesehatan atau kedokteran yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, seperti yang telah ditetapkan oleh lembaga akreditasi, seperti standar Liaison Committee on Medical Education (LCME). Standar akreditasi ini termasuk memiliki staf perpustakaan yang berkualifikasi untuk menjawab pertanyaan referensi, dan memberikan pelatihan dalam menggunakan sumber daya elektronik. Beberapa perpustakaan kedokteran akademik terletak di gedung yang sama dengan perpustakaan sarjana umum, tetapi sebagian besar terletak di dekat atau di dalam fakultas kedokteran.

Tren[sunting | sunting sumber]

Untuk mendukung akses terbuka ke literatur jurnal, NLM AS mendirikan perpustakaan online artikel jurnal digital, PubMed Central (PMC), yang akan segera dilengkapi dengan versi Inggris . NLM bekerja sama dengan National Network of Libraries of Medicine (NN/LM) untuk menyediakan dukungan perpustakaan medis regional di Amerika Serikat, sementara layanan informasi kesehatan konsumen MEDLINEplus menawarkan akses gratis ke informasi kesehatan, gambar, dan tutorial interaktif. Banyak negara seperti Australia, Kanada, dan Inggris memiliki perpustakaan medis yang berkembang dengan baik, meskipun tidak ada yang berkembang seperti NLM AS.

Pustakawan medis[sunting | sunting sumber]

Tumpukan buku di perpustakaan medis

Pustakawan medis adalah tenaga profesional terampil yang membantu sumber daya dan penelitian dalam profesi medis. Fokus pustakawan medis adalah menekankan penggunaan penelitian dan praktik berbasis bukti. Hal ini dapat dilakukan baik untuk penelitian medis maupun praktik medis. Pustakawan medis juga diharapkan menjadi sumber daya untuk membantu penerbitan dan presentasi penelitian.[5] Pustakawan medis menggunakan sumber daya berbasis web untuk melakukan penelitian dan membantu menghasilkan pendekatan berbasis bukti untuk perawatan kesehatan. Organisasi seperti MLA menetapkan standar yang harus diikuti oleh pustakawan medis dalam praktiknya.[6][7]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan medis yang berbeda memiliki kebutuhan dan sumber daya yang berbeda untuk pengembangan koleksi. Beberapa panduan untuk pustakawan telah diterbitkan.[8] Daftar judul Brandon-Hill adalah koleksi buku dan jurnal yang disarankan secara gratis.[9] Daftar ini dibuat oleh dua pustakawan di Fakultas Kedokteran Mt. Sinai, Al Brandon dan Dorothy Hill, dan diterbitkan dari tahun 1965 hingga 2004.[8] [9]Sejak tahun 2006, daftar tahunan Doody's Core Titles in the Health Sciences, yang mencakup daftar yang disarankan secara terpisah untuk perpustakaan kecil, umumnya digunakan untuk buku-buku kedokteran berbahasa Inggris.[8][9] Pustakawan medis dan pakar bidang ilmu terlibat dalam penyusunan daftar Doody's.[9]

Asosiasi[sunting | sunting sumber]

Medical Library Association (MLA) adalah asosiasi yang berbasis di Chicago untuk para profesional perpustakaan dan perpustakaan ilmu kesehatan - terutama di Amerika Serikat. MLA mengelola daftar online program sekolah perpustakaan yang terakreditasi ALA bagi mereka yang ingin meraih gelar master di bidang studi perpustakaan dan informasi di AS dan Kanada (MLIS). Selain itu, ALA juga mengelola organisasi kredensial AS untuk pustakawan medis, Academy of Health Information Professionals (AHIP).

Jaringan utama untuk perpustakaan medis di Amerika Serikat adalah Jaringan Nasional Perpustakaan Kedokteran (NNLM).

Asosiasi Perpustakaan Khusus memiliki Bagian Medis dari Divisi Biomedis dan Ilmu Pengetahuan Hayati, yang berfungsi sebagai forum bagi anggota Divisi yang terlibat atau tertarik dalam pertukaran informasi dalam ilmu pengetahuan biomedis dan kesehatan, serta akuisisi, organisasi, penyebaran, dan penggunaan informasi tersebut dalam semua format.

Di Kanada, pustakawan dan perpustakaan kesehatan diwakili oleh Asosiasi Perpustakaan Kesehatan Kanada.

Di Australia terdapat Health Libraries Australia Group dari Asosiasi Perpustakaan dan Informasi Australia dan Health Libraries Inc. yang berbasis di negara bagian Victoria. Pada tahun 2013, HLA memperkenalkan Spesialisasi PD pada tahun 2013 yang mengarah pada jabatan Asosiasi yang menunjukkan pengembangan profesional berkelanjutan di bidang kepustakawanan kesehatan. Daftar perpustakaan kesehatan di Australia dapat dilihat di situs web Perpustakaan Nasional Australia. Pada tahun 2015, Australia melakukan sensus perpustakaan kesehatan dan kepustakawanan yang bertujuan untuk mengidentifikasi seluruh industri, lokasi, organisasi, peran, dan staf yang dipekerjakan. Pelatihan tersier spesialis "Dasar-dasar Kepustakawanan Kesehatan" yang pertama dimulai pada bulan April 2015 di Queensland University of Technology yang didukung oleh HLA.

Di Inggris, pustakawan medis (atau kesehatan) diwakili oleh Health Libraries Group dari Chartered Institute of Library and Information Professionals. CILIP. Kelompok Perpustakaan Kesehatan.

Perpustakaan medis dan kesehatan di negara-negara berbahasa Jerman, Jerman, Austria dan Swiss diwakili oleh Asosiasi Perpustakaan Medis Arbeitsgemeinschaft fuer Medizinisches Bibliothekswesen (AGMB) e.V.

Terdapat kelompok nasional yang serupa, meskipun lebih kecil, di banyak negara Eropa dan kelompok-kelompok ini serta pustakawan dan perpustakaan kesehatan secara individu diwakili oleh Asosiasi Eropa untuk Informasi dan Perpustakaan Kesehatan (EAHIL) sejak tahun 1987.

Bagi pustakawan yang bekerja di bidang yang sangat khusus, terdapat asosiasi dan jaringan yang berfokus pada bidangnya, dan contoh organisasi semacam itu adalah Elisad, Asosiasi Eropa untuk Perpustakaan dan Layanan Informasi tentang Ketergantungan. Elisad

Federasi Internasional Asosiasi dan Lembaga Perpustakaan (IFLA) memiliki Bagian Perpustakaan Kesehatan dan Biosains. Kongres Internasional Kepustakawanan Medis (ICML) terakhir diadakan di Brisbane pada tahun 2009.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Health Library | EBSCO". www.ebsco.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-17. 
  2. ^ "National Library of Medicine (NLM)". National Institutes of Health (NIH) (dalam bahasa Inggris). 2015-07-09. Diakses tanggal 2024-05-17. 
  3. ^ German National Library of Medicine Partnerships Diarsipkan 2011-12-08 di Wayback Machine. (in English) retrieved 23-May-2012
  4. ^ a b Marshall, Joanne Gard; Sollenberger, Julia; Easterby-Gannett, Sharon; Morgan, Lynn Kasner; Klem, Mary Lou; Cavanaugh, Susan K.; Oliver, Kathleen Burr; Thompson, Cheryl A.; Romanosky, Neil (2013). "The value of library and information services in patient care: results of a multisite study". Journal of the Medical Library Association : JMLA. 101 (1): 38–46. doi:10.3163/1536-5050.101.1.007. ISSN 1536-5050. 
  5. ^ Staff, H. P. C. (2021-11-19). "How Medical Librarians Support Improved Patient Care and Clinical Outcomes". HPC International Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-20. 
  6. ^ Roper, Fred W. (2006-01). "The Medical Library Association's professional development program: a look back at the way ahead". Journal of the Medical Library Association. 94 (1): 8–18. ISSN 1536-5050. PMC 1324767alt=Dapat diakses gratis. PMID 16404465. 
  7. ^ Staff, H. P. C. (2021-11-19). "How Medical Librarians Support Improved Patient Care and Clinical Outcomes". HPC International Blog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-20. 
  8. ^ a b c Bennett, Denise Beaubien; Modscheidler, Christa (2014-04-26). Guide to Reference in Medicine and Health (dalam bahasa Inggris). American Library Association. ISBN 978-0-8389-1983-5. 
  9. ^ a b c d Sara, Holder (2012-07-31). Library Collection Development for Professional Programs: Trends and Best Practices: Trends and Best Practices (dalam bahasa Inggris). IGI Global. ISBN 978-1-4666-1898-5. 

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]

Templat:Libraries and library science