Perjanjian Sykes-Picot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Perjanjian Sykes Picot
Zones of French, British and Russian influence and control established by the Sykes–Picot Agreement

Perjanjian Sykes-Picot yang ditandatangani pada tahun 1916 adalah perjanjian rahasia antar pemerintah Britania Raya dengan pemerintahan Perancis [1] yang diikuti dan disetujui oleh Kerajaan Rusia, dimana dalam perjanjian ini ketiga negara mendiskusikan pengaruh dan kendali di Asia Barat setelah jatuhnya Kerajaan Utsmaniyah pada Perang Dunia I yang telah diprediksi sebelumnya. Perjanjian ini secara efektif membelah daerah-daerah Arab dibawah Kerajaan Otoman di luar Jazirah Arab sehingga dimasa depan dapat ditentukan dimana kendali atau pengaruh Inggris atau Perancis akan berlaku. [2] Perjanjian ini ditandatangani pada tanggal 16 Mei 1916[3] dan diberi nama sesuai dengan diplomat Perancis François Georges-Picot dan diplomat Inggris Sir Mark Sykes.

Namun kemudian, karena pecahnya Revolusi Bolshevik, Rusia mengundurkan diri dari perjanjian ini. [4] Pada Revolusi Rusia dibulan Oktober 1917, para pejuang Bolsheviks mempublikasikan perjanjian ini dan mempermalukan Inggris, membuat Arab marah, dan Turki senang. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fromkin, David (1989). A Peace to End All Peace: The Fall of the Ottoman Empire and the Creation of the Modern Middle East. New York: Owl. hlm. 286, 288. ISBN 0-8050-6884-8. 
  2. ^ Peter Mansfield, British Empire magazine, Time-Life Books, no 75, p.2078
  3. ^ http://www.law.fsu.edu/library/collection/LimitsinSeas/IBS094.pdf p. 8.
  4. ^ Susilo, Taufik Adi, Ensiklopedi Pengetahuan Dunia Abad 20. Javalitera. Yogyakarta 2010 Halaman 65
  5. ^ Peter Mansfield, The British Empire magazine , no.75, Time-Life Books, 1973