Perbatasan Iran–Pakistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Peta lokasi Iran dengan Pakistan di sebelah timur.

Perbatasan Iran–Pakistan adalah perbatasan internasional antara negara Iran dan Pakistan, mendemarkasi provinsi Balochistan di Pakistan dari Provinsi Sistan dan Baluchestan di Iran; perbatasan ini memiliki panjang 959 km (596 mil). Sejak sekitar tahun 2007 Iran telah mulai membangun pembatas perbatasan sebagai pengganti pagar perbatasan yang telah lusuh.[1]

Perbatasan dimulai di titik tripel dengan Afghanistan di Gunung Kuh-i-Malik Salih, kemudian mengikuti garis lurus ke arah tenggara, kemudian serangkaian pegunungan, aliran musiman dan sungai Tahlab di barat daya ke sekitar danau Hamun-e Mashkel. Perbatasan kemudian membelok tajam ke selatan melalui serangkaian garis lurus, lalu ke timur sepanjang beberapa gunung ke sungai Mashkil, yang mengikuti arah selatan, sebelum mencapai sungai Nahang yang mengikuti ke arah barat. Perbatasan ini meninggalkan Nahang dan kemudian membentang melalui berbagai pegunungan dan segmen garis lurus ke selatan ke Teluk Gwadar di Teluk Oman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Batas darat Iran dan Pakistan

Batas modern memotong wilayah yang dikenal sebagai Balochistan, wilayah yang diperebutkan di antara berbagai kerajaan yang berpusat di Persia (Iran), Afghanistan dan India.[2] Dari abad ke-17 dan seterusnya Britania secara bertahap menguasai sebagian besar India, termasuk apa yang saat ini menjadi wilayah Pakistan, membawanya ke dekat tanah yang secara tradisional diklaim oleh Persia. Pada 1871 Britania (mewakili Khan dari Kalat dan India Britania) dan Persia sepakat untuk mendefinisikan perbatasan bersama mereka; komisi perbatasan mengamati daerah tersebut pada tahun berikutnya tetapi tidak menandai perbatasan di tanah.[2] Penetrasi Inggris Balochistan, di bawah Sir Robert Groves Sandeman, terus berlanjut selama beberapa dekade berikutnya, mendorong batas yang lebih tepat untuk disepakati dan ditandai dengan pilar di tanah pada tahun 1895-96.[2] Beberapa masalah pelurusan kecil yang berasal dari ini dirapikan melalui perjanjian bersama lainnya pada tahun 1905.[2]

Pada tahun 1947 India memperoleh kemerdekaan dari Britania, dengan wilayah mayoritas Muslim barat yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran menjadi negara baru dari (Barat) Pakistan, yang pada saat ini juga termasuk apa yang sekarang adalah Bangladesh (Pakistan Timur). Iran dan Pakistan mengkonfirmasi perbatasan mereka dengan traktat tahun 1958-59, sepenuhnya memetakan wilayah perbatasan dan mendemarkasinya di tanah dengan pilar.[2]

Pembatas perbatasan[sunting | sunting sumber]

Dinding beton setebal 3 ft (91.4 cm) dan setinggi 10 ft (3.05 m), diperkaya dengan batang baja, akan membentang sejauh 700 km dari Taftan hingga Mand. Proyek ini akan mencakup tanggul tanah dan batu besar serta parit yang dalam untuk menghalangi penyeberangan ilegal[3] dan penyelundupan obat bius ke Iran.[4] Wilayah perbatasan sudah dilengkapi dengan menara observasi polisi dan benteng-benteng untuk pasukan bersenjata. Iran dan Pakistan tidak memiliki sengketa perbatasan atau klaim irredentis lainnya dan Kementerian Luar Negeri Pakistan telah menyatakan, "Pakistan tidak memiliki reservasi karena Iran membangun pagar di wilayahnya."

Dinding ini dibangun juga sebagai respon terhadap serangan teror, terutama yang terjadi di kota perbatasan Iran Zahedan pada 17 Februari 2007, yang menewaskan 13 orang, termasuk sembilan Pengawal Revolusi Iran.[5] Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Tasnim Aslam membantah hubungan antara pagar pembatas tersebut dan ledakan bom, mengatakan bahwa Iran tidak menyalahkan insiden ini di Pakistan.[6]

Reaksi terhadap pembatas[sunting | sunting sumber]

Kementerian Luar Negeri Pakistan telah mengatakan bahwa Iran memiliki hak untuk mendirikan pagar perbatasan di wilayahnya.[7][8] Namun, perlawanan terhadap pembangunan dinding tersebut dimunculkan di Majelis Provinsi Balochistan. Oposisi bertahan bahwa dinding tersebut akan menciptakan masalah bagi penduduk Baloch yang tanahnya mengitari wilayah perbatasan. Masyarakat akan menjadi lebih terbagi secara politik dan sosial, dengan perdagangan dan kegiatan sosial mereka yang secara serius terhambat. [9] Pemimpin Oposisi Kachkol Ali mengatakan bahwa pemerintah kedua negara itu tidak mengambil kepercayaan Baloch terhadap masalah ini,[10] menuntut agar pembangunan dinding pembatas tersebut segera dihentikan, dan mengajukan banding ke komunitas internasional untuk membantu penduduk Baloch.[11]

Lintas batas[sunting | sunting sumber]

Berkas:Pak-Iran Boarder.jpg
Gerbang batas Iran dan Pakistan di Taftan.

Pemukiman dekat perbatasan[sunting | sunting sumber]

Iran[sunting | sunting sumber]

Pakistan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fiske, Philip (19 Mei 2000). "Border patrol with Iran's drugbusters". BBC. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  2. ^ a b c d e International Boundary Study No. 167 – Pakistan-Iran Boundary (PDF) (dalam bahasa Inggris), 28 Maret 1979, diakses tanggal 17 September 2018 
  3. ^ "Iran erecting wall along the border with Pakistan" (dalam bahasa Inggris). The Hindu. Maret 2007. Diakses tanggal 11 Juni 2016. 
  4. ^ Dahl, Fredrik (13 Mei 2007). "INTERVIEW-"Iranian wall" seen hindering drug smugglers-UN" (dalam bahasa Inggris). Reuters. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Juli 2008. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  5. ^ "Pakistan and Iran blame Afghanistan for unrest" (dalam bahasa Inggris). Daily Times. 19 Mei 2007. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  6. ^ Subramanian, Nirupama (3 Maret 2007). "Iran fences border with Pakistan". Zee News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Maret 2007. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  7. ^ "Transcript of Press briefing of Foreign Spokesperson on 28 May 2007" (dalam bahasa Inggris). Kementerian Luar Negeri. 28 Mei 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Oktober 2007. Diakses tanggal 8 Oktober 2007. If Iran is building a fence on its side of the border, I do not have any comments on that. Pakistan has no reservation because Iran is constructing the fence on its territory. The designated entry points would be available for entry of goods and people. The Iranians convey to us that they are equally keen to promote trade and facilitate legitimate movement of people. 
  8. ^ "Pakistan defends Iran right to erect border fencing" (dalam bahasa Inggris). Islamic Republic News Agency. 28 Mei 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Oktober 2007. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  9. ^ "Governor Balochistan should be replaced by local Baloch: Gatchkol Ali". Pakistan News Service. 28 Mei 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Juli 2007. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  10. ^ Kasi, Amanullah (7 Mei 2007). "Debate on Iran border wall disallowed" (dalam bahasa Inggris). Dawn. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2008. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  11. ^ "'Anti-Baloch' wall on Pak-Iran border opposed". The News International. 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 September 2007. Diakses tanggal 11 Juni 2007. 
  12. ^ a b Caravanistan – Iran-Pakistan border crossings (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 17 September 2018 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]